Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Banjir 39.298 Pengaduan, Paling Banyak soal Bank dan Pinjol

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerima 39.298 pengaduan di sektor jasa keuangan dalam 2 tahun terakhir yang mayoritas terkait sektor perbankan dan pinjol.
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerima 39.298 pengaduan di sektor jasa keuangan dalam 2 tahun terakhir yang mayoritas dari sektor perbankan dan financial technology peer-to-peer (fintech P2P) lending alias pinjaman online (pinjol).

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengatakan bahwa jumlah akumulasi pengaduan tersebut terhitung dari 1 Januari 2022–26 Januari 2024.

Wanita yang akrab disapa Kiki itu menyampaikan, sektor perbankan menjadi tingkat pengaduan tertinggi. Jumlahnya mencapai 19.064 pengaduan.

“[Pengaduan] yang sering muncul adalah perilaku petugas penagihan,” kata Kiki di Jakarta, dikutip pada Sabtu (3/2/2024).

Berdasarkan data OJK, pengaduan yang diterima regulator dari sektor perbankan adalah terkait restrukturisasi atau relaksasi kredit atau pembiayaan atau pinjaman. Kemudian, terkait dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Adapula pengaduan mengenai perilaku petugas penagihan, permasalahan agunan atau jaminan, dan penolakan pelunasan kredit atau pembiayaan dipercepat.

Pengaduan tertinggi lainnya adalah terkait fintech P2P yang mencapai 9.226 pengaduan. Pengaduan di sektor ini, antara lain mengenai perilaku petugas penagihan, restrukturisasi atau relaksasi kredit atau pembiayaan atau pinjaman.

“Lalu, fraud eksternal seperti penipuan, pembobolan rekening, skimming, dan cyber crime,” ungkapnya.

Diikuti pengaduan adanya kegagalan atau keterlambatan transaksi, hingga return atau imbal hasil atau margin keuntungan.

Berikutnya, OJK mencatat sektor pembiayaan juga menerima 7.816 pengaduan yang terdiri atas perilaku petugas penagihan, SLIK, dan restrukturisasi atau relaksasi kredit atau pembiayaan atau pinjaman. Sanggahan transaksi serta fraud eksternal.

Sementara itu, sektor asuransi menerima 3.007 pengaduan dari 1 Januari 2022–26 Januari 2024, salah satunya terkait persoalan klaim. Selain itu, aduan yang diterima lainnya adalah produk atau layanan yang tidak sesuai dengan penawaran.

“Pengaduan lainnya adalah persoalan premi asuransi, persoalan polis asuransi, dan pembatalan atau penutupan polis,” tambahnya.

Untuk pengaduan di pasar modal mencapai 185 aduan. Adapun, jenis pengaduan yang diterima adalah pencairan dana, return/imbal hasil/margin keuntungan, kegagalan atau keterlambatan transaksi, transaksi tanpa persetujuan, dan penipuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper