Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Beberkan Status 'Komisaris Utama' Bank Muamalat Mardiasmo

Laman Bank Muamalat menempatkan mantan Wakil Menteri Keuangan RI Mardiasmo diangkat sebagai Komisaris Utama dengan status sedang diajukan fit and proper ke OJK.
Karyawati beraktivitas di depan kantor cabang PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Bisnis/Abdurachman
Karyawati beraktivitas di depan kantor cabang PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) buka suara soal status mantan Wakil Menteri Keuangan RI Mardiasmo di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Berdasarkan laman resminya, tertera bahwa Mardiasmo diangkat sebagai Komisaris Utama Independen Bank Muamalat dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) per 29 November 2022. Namun, tertulis juga saat ini Mardiasmo masih dalam proses pengajuan penilaian kemampuan dan kepatutan alias fit and proper test ke OJK.

Dijelaskan Mardiasmo akan menjabat sebagai Komisaris Utama Independen Bank Muamalat setelah memperoleh penetapan lulus penilaian kemampuan dan kepatutan dari OJK.

Akan tetapi, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan sebenarnya Mardiasmo memang tidak jadi diajukan. "Tidak pernah diajukan ke kita [OJK]," katanya setelah acara rapat kerja di DPR pada Selasa (26/3/2024).

Menurutnya, kemungkinan tidak jadinya Mardiasmo diajukan menjadi Komisaris Utama Bank Muamalat karena statusnya yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Independen di PT Taspen (Persero).

Dian menjelaskan mestinya ada pengganti Mardiasmo yang diajukan Bank Muamalat. Namun, hingga saat ini belum ada nama yang diajukan bank untuk mengisi posisi penting tersebut.

"Yang jelas, kita imbau bank-nya, pengawas syariah juga sudah ingatkan. [Jabatan Komisaris Utama] kan tidak boleh kosong," jelas Dian.

Sebagaimana diketahui, Mardiasmo ditunjuk menjadi Komisaris Utama Bank Muamalat dalam RUPSLB yang diselenggarakan pada beberapa tahun ke belakang (29/11/2022). Dalam RUPSLB tersebut, Bank Muamalat memang merombak pula pimpinan pucuk.

Sosok Indra Falatehan masuk ditunjuk sebagai Direktur Utama menggantikan Achmad K. Permana. Sementara itu, nama Mardiasmo dan Sholahudin Al Aiyub ditunjuk masing-masing sebagai Komisaris Utama serta Ketua Dewan Pengawas Syariah.

Mardiasmo merupakan eks Wakil Menteri Keuangan pada Kabinet Kerja 2014-2019. Selain itu, Mardiasmo juga merupakan mantan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pusat.

Ia kini menjabat sebagai Ketua Umum Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) sejak 2021. Ia juga menjabat sebagai Komisaris Independen PT Taspen sejak 2020. Lalu, Mardiasmo merupakan Ketua Komite Pengawas Perpajakan, Kementerian Keuangan RI dari 2019 sampai sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper