Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyangi Senior Ikang Fawzi Protes Antre Layanan BPJS Kesehatan, Dirut: Jangan Digeneralisir

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron berharap pengalaman kurang menyenangkan dari penyanyi senior Ikang Fawzi saat antre layanan JKN tidak digeneralisir.
Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti usai ditemui dalam The 17th ISSA International Conference on Information and Communication Technology In Social Security (ICT 2024) 6–8 Maret 2024 di Nusa Dua, Bali, Rabu (6/3/2024). JIBI/Rika Anggraeni
Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti usai ditemui dalam The 17th ISSA International Conference on Information and Communication Technology In Social Security (ICT 2024) 6–8 Maret 2024 di Nusa Dua, Bali, Rabu (6/3/2024). JIBI/Rika Anggraeni

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron berharap agar pengalaman kurang menyenangkan dari penyanyi senior Ikang Fawzi saat mendaftar ulang BPJS kesehatan tidak digeneralisir. 

Hal ini disampaikannya usai menghadiri kegiatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 dan Government Technology (GovTech) Indonesia atau INA Digital di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (27/5/2024).

"Dia adalah peserta BPJS, tetapi itu kami tentu minta maaf ya, tetapi itu tidak perlu digeneralisir," katanya kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/5/2024).

Lebih lanjut, Ali menjelaskan bahwa keadaan lembaga BPJS kala itu tengah menjalani hari libur panjang selama empat hari. Mengingat pada waktu tersebut semua pihak tengah memperingati kenaikan Yesus Kristus.

Oleh sebab itu, lembaga, kata Ali tengah melakukan perbaikan sistem BPJS Kesehatan secara keseluruhan.

Tak hanya itu, dia juga menjelaskan terkait proses daftar atau pindah fasilitas kesehatan bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN, sehingga warga tidak perlu antre dan mendatangi kantor BPJS Kesehatan.

"Sudah empat hari itu kita sedang memperbaiki sistem secara nasional sejak libur, bukan waktu kerja itu. Namun karena itu substansial jadi memakan waktu agak lama perbaikan itu, jadi empat hari, lima hari baru selesai," pungkas Ali.

Menurut catatan Bisnis, Artis sekaligus penyanyi Ikang Fawzi membagikan pengalamannya mengantre lama untuk mendaftar ulang BPJS Kesehatan.

Melalui akun Instagramnya, Ikang Fawzi mengatakan dirinya tengah mengantre layanan BPJS Kesehatan dari pagi hingga sore hari.

"Hari ini dari pagi gua ngantre di BPJS Kesehatan di Tangsel, di BSD. Antre dari jam 9-an, baru dapet jam 3-an, itu juga belum sebentar lagi," katanya dari video yang diunggah di Instagram pada Sabtu (25/5/2024).

Mendapatkan dirinya mengantre lama, Ikang Fawzi pun mengatakan bahwa BPJS Kesehatan adalah produk baik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dirinya berharap BPJS Kesehatan bisa lebih baik lagi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Semoga lebih baik, pelayanannya lebih baik," lanjutnya.

Dia kemudian menunjukkan video yang memperlihatkan petugas BPJS Kesehatan tengah melayani masyarakat. Antrean panjang pun juga terlihat dari video tersebut.

Di akhir video, Ikang Fawzi mengatakan bahwa sebagai rakyat harus bersabar mengantre. Ia pun meminta agar rakyat Indonesia tetap kritis dan mendukung pelayanan BPJS kesehatan agar lebih baik lagi.

"Mari sama-sama kita dukung & kritisi terus agar produk & pelayanan BPJS Kesehatan semakin membaik..Ini hak WNI utk mendapat pelayanan kesehatan terbaik!" tulis Ikang di kolom komentar.

Tak lama, video tersebut langsung viral dan mendapat tanggapan langsung dari pihak BPJS Tangserang Selatan (Tangsel).

Pihak BPJS Tangsel mengatakan bahwa antrean panjang yang terjadi disebabkan karena baru masuk hari pertama kerja selepas libur panjang dan cuti bersama Kenaikan Yesus Kristus.

"Peserta membeludak untuk melakukan layanan administrasi pada Senin 13 Mei 2024 karena tertunda selama 4 hari," ucap Kepala BPJS Kesehatan Tangsel Tiasa Nugraha pada keterangan resminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper