Hadir Dengan Berbagai Kemudahan, Merlin Rasakan Manfaat Penuh Program JKN

Raut wajah bahagia nampak dari Merlin, seorang ibu muda asal Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara. Siang itu sedang mengunjungi layanan BPJS Keliling
Foto: Hadir Dengan Berbagai Kemudahan, Merlin Rasakan Manfaat Penuh Program JKN
Foto: Hadir Dengan Berbagai Kemudahan, Merlin Rasakan Manfaat Penuh Program JKN

Bisnis.com, TORAJA UTARA - Raut wajah bahagia nampak dari Merlin (23), seorang ibu muda asal Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara. Siang itu sedang mengunjungi layanan BPJS Keliling, dirinya berniat menanyakan status kepesertaan sang buah hati.

Dengan layanan BPJS Keliling, membuatnya yang jauh dari kantor BPJS kesehatan lebih leluasa untuk mengakses layanan administrasi dan memperoleh informasi seputar Program JKN.

Merlin juga berkesempatan menceritakan tentang bantuan pemerintah yang telah banyak memberikan manfaat. Dari proses awal kehamilan hingga melahirkan dirinya selalu mengandalkan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Saya terbantu dengan adanya JKN ini karena dari mulai pemeriksaan hingga melahirkan pada bulan Februari lalu, dijamin oleh Program JKN tanpa iur biaya tentu sangat bermanfaat bagi kami. Penggunaannya juga mudah dan bisa digunakan di puskesmas ataupun di rumah sakit,” ujarnya (13/05).

Kesan positif yang dirasakan oleh Merlin tidak hanya tentang mudahnya mendapat layanan kesehatan ibu hamil. Namun ia mengaku tidak mengeluarkan biaya dalam proses persalinan yang dijalani. Dirinya pun merasa lega karena dapat melahirkan secara normal dan melahirkan bayi yang sehat.

“Waktu itu saya mengalami kontraksi, tiba-tiba perut saya terasa sakit dan minta antar ke Rumah Sakit Elim. Saya masuk ke ruang IGD dan setelah itu masuk ke ruang persalinan. Mungkin yang kami rasakan proses administrasi begitu cepat dan tidak berbelit–belit, semuanya tanpa kendala,” jelasnya.

Kini tanpa ragu Merlin merekomendasikan untuk ibu hamil segera terdaftar sebagai peserta JKN. Manfaat nyata tentu dapat dirasakan, seperti mudahnya akses layanan kesehatan dari tingkat puskesmas hingga rumah sakit. Ia juga merasakan mudahnya berobat hanya dengan membawa KTP, asal sesuai ketentuan tentu tidak terkendala.

“Selama ini saya merasakan tidak ada kendala yang berarti, semuanya terasa mudah. Dulu sempat merasa bingung bagaimana cara menggunakan JKN ini, namun berkat penjelasan petugas semuanya terjawab,” ungkapnya.

Setelah mendapatkan informasi tentang kepesertaan sang buah hati, ia merasa lebih tenang. Pasalnya, saat ini sang buah hati sudah terdaftar sebagai peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) sama halnya dengan dirinya, kini ia dan keluarga sudah terlindungi Program JKN.

Sesuai dengan informasi dari petugas, ia diarahkan untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN. Melalui aplikasi tersebut, ia dapat secara rutin mengecek status keaktifan dirinya dan keluarga, dan juga sudah tersedia KIS Digital untuk sang buah hati.

“Saya mengucapkan terima kasih atas pelayanan kesehatan yang baik dan juga tidak adanya iur biaya berobat selama ini. Dengan adanya Program JKN ini tentu sangat membantu bagi ibu hamil untuk mendapatkan banyak layanan kesehatan. Saya juga mengapresiasi hadirnya Aplikasi Mobile JKN yang makin memudahkan kami dalam memperoleh informasi dan layanan terkait Program JKN dengan berbagai fitur di dalamnya,” katanya.

Marlin mengakui Aplikasi Mobile JKN sangat keren, berbagai fitur yang dihadirkan bisa menghemat waktu dan biaya tanpa harus antre. Semua sudah dikemas dalam satu genggaman, mau mendaftar, mengubah data, melakukan pengaduan bahkan mendaftar antrean untuk berobat ke faskes telah dikemas dalam satu aplikasi, sebuah inovasi sesuai dengan era digital saat ini.

Dirinya berharap Program JKN yang dijalankan selama ini akan terus ada dan semakin baik, termasuk fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS Kesehatan.

“Pengalaman di Rumah Sakit Elim sudah memuaskan, sebelumnya pelayanan di Puskesmas Tallunglipu untuk pemeriksaan saat masa kehamilan juga sudah bagus. Semoga fasilitas kesehatan lain juga memberikan pelayanan yang maksimal bagi peserta JKN maupun umum, sekali lagi saya bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan yang sudah hadir membantu mengakses layanan kesehatan masyarakat seperti kami,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper