Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KoinWorks Salurkan Pembiayaan Rp27,3 Triliun ke 900.000 UMKM

Pembiayaan yang disalurkan KoinWorks mencakup lebih dari 106.000 pinjaman kepada UMKM.
Koin P2P/koinp2p.com
Koin P2P/koinp2p.com

Bisnis.com, JAKARTA— Penyelenggara financial technology peer to peer (fintech P2P) lending PT Sejahtera Lunaria Annua (KoinWorks) mencatatkan penyaluran pembiyaaan sebanyak US$1,8 miliar atau sekitar Rp27,3 triliun pada 2023.

Pembiayaan tersebut disalurkan kepada lebih dari 900.000 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Chief of Impact KoinWorks Angelique Timmer mengungkap bahwa pembiayaan yang disalurkan oleh perusahaan mencakup lebih dari 106.000 pinjaman. Adapun KoinWorks memberikan plafon pinjaman kepada UMKM hingga Rp2 miliar.

“Dengan 83% dari pinjaman ini dibiayai oleh investor muda, menunjukkan komitmen kuat dari generasi muda untuk mendukung pembiayaan UMKM,” ungkap Angelique dalam acara peluncuran KoinWorks 2nd Edition Impact di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024). 

Angelique menyebut KoinWorks dalam pembiayaannya turut mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di berbagai segmen masyarakat. Termasuk 80% bisnis perusahaan adalah usaha mikro, 36% merupakan bisnis yang dimiliki oleh perempuan, dan 48% berlokasi di daerah pedesaan. 

Dia juga menyebut melalui pendanaan ke UMKM, KoinWorks turut mendorong 95.000 lapangan kerja baru yang diciptakan oleh para pelaku UMKM yang telah menerima pinjaman usaha. Angka ini meningkat 80% dibandingkan tahun sebelumnya.

Di sisi lain, Benedicto Haryono, selaku CEO dan Co-Founder KoinWorks Group menekankan komitmen perusahaan untuk memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia. 

“KoinWorks tidak hanya berfokus pada bidang keuangan, tapi juga meningkatkan ekosistem UMKM di Indonesia, sambil mengedepankan tanggung jawab kepada seluruh penggunanya,” katanya. 

Dia menggambarkan dalam sektor-sektor seperti fast moving consumer goods (FMCG), pertanian, dan kesehatan, faktor kecepatan, efisiensi, dan kelincahan sangat penting. Lebih dari 60% bisnis menghadapi tantangan dalam mengelola rantai pasokan secara efisien, terutama mengenai kendala arus kas. 

Menurutnya, KoinWorks memiliki gambaran ideal bahwa UMKM tidak hanya memasuki pasar sebagai pengecer, tetapi menjadi bagian integral dari ekosistem produksi domestik, yang memiliki catatan data bisnis yang komprehensif.

"Dengan akses ke pembiayaan yang efisien dari KoinWorks, didukung oleh investor individu, UMKM dapat bernegosiasi lebih baik dengan pemasok, merekrut lebih banyak anggota tim, berinvestasi dalam teknologi, dan memanfaatkan peluang pasar baru,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper