Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIMB Niaga Finance (CNAF) Incar Pembiayaan Mobil Listrik Rp400 Miliar pada 2024

Hingga Juni 2024 realisasi penyaluran pembiayaan mobil listrik CNAF mencapai Rp273,3 miliar, atau meningkat 198% (yoy).
Karyawan di kantor PT CIMB Niaga Auto Finance atau CIMB Niaga Finance (CNAF). JIBI/Bisnis
Karyawan di kantor PT CIMB Niaga Auto Finance atau CIMB Niaga Finance (CNAF). JIBI/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) menargetkan pembiayaan baru untuk mobil listrik sebesar Rp400 miliar sampai akhir tahun 2024.

Presiden Direktur CNAF, Ristiawan Suherman menilai ada potensi yang masih besar dalam penyaluran pembiayaan mobil listrik di tahun 2024 ini.

"CNAF menargetkan pembiayaan baru untuk kendaraan ramah lingkungan sebesar Rp400 miliar sampai dengan akhir 2024," kata Ristiawan kepada Bisnis, Rabu (17/07/2024).

Sampai bulan Juni 2024 realisasi penyaluran pembiayaan mobil ramah lingkungan CNAF mencapai Rp273,3 miliar, atau meningkat 198% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumya di angka Rp91,7 miliar (year-on-year/yoy).

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat sepanjang semester I/2024, penjualan mobil mobil listrik mencapai 11.940 unit, tumbuh 25,7% dibandingkan semester I/2023. 

Sedangkan penjualan mobil hybrid sampai semester I/2024 mencapai 24.775 unit, meningkat 43,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara pembiayaan yang khusus untuk mobil listrik hingga April 2024 tercatat sebesar Rp43,9 triliun, yang berkontribusi hanya 1% dari total pembiayaan kendaraan. 

"Untuk saat ini ada beberapa hal yang masih menjadi perhatian untuk kendaraan ramah lingkungan, terutama harga kendaraan Electric Vehicle (EV) yang relatif mahal, serta nilai jual kendaraan EV karena belum terdapat pasar mobil second EV," kata Ristiawan.

Di balik tantangan tersebut CNAF juga melihat progres positif kesiapan infrastruktur mulai dari stasiun pengisian kendaraan listrik, sparepart dan tempat servis yang sudah bertambah banyak. Selain itu sudah banyak bermunculan beragam produk mobil listrik dari berbagai produsen otomotif.

Selain itu CNAF juga melihat adanya pertumbuhan minat masyarakat atas kendaraan yang lebih ramah lingkungan dan lebih hemat serta teknologi yang lebih maju.

"CNAF optimis pembiayaan kendaraan ramah lingkungan ke depannya akan terus bertumbuh seiring dengan perekonomian yang semakin pulih di Indonesia, di mana aktivitas masyarakat sudah kembali normal, mobilitas semakin tinggi serta kesadaran masyarakat terhadap lingkungan juga semakin tinggi," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper