Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mandala Finance (MFIN) Siapkan Kas Internal Bayar Obligasi Jatuh Tempo Rp500 Miliar

Mandala Multifinance (MFIN) akan melunasi obligasi yang jatuh tempo pada semester II/2024 dengan total nilai Rp500 miliar.
Logo Mandala Finance./Istimewa
Logo Mandala Finance./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Mandala Multifinance Tbk. (MFIN) akan melunasi obligasi yang jatuh tempo pada semester II/2024 dengan total nilai Rp500 miliar. Obligasi tersebut akan dilunasi menggunakan kas internal perusahaan.

Obligasi yang akan jatuh tempo adalah Obligasi Berkelanjutan IV Mandala Multifinance Tahap III Tahun 2021 Seri B senilai Rp150 miliar, yang jatuh tempo pada 6 Agustus 2024. Selain itu, Obligasi Berkelanjutan IV Mandala Multifinance Tahap IV Tahun 2021 Seri B senilai Rp350 miliar akan jatuh tempo pada 3 Desember 2024.

"Mandala Finance berencana menggunakan dana dari kas internal perusahaan," ujar Managing Director Mandala Finance, Christel Lasmana, dalam keterangannya kepada Bisnis, Minggu (28/7/2024).

Christel menjelaskan, penggunaan kas internal adalah bagian dari strategi manajemen keuangan perusahaan untuk memastikan stabilitas dan kesehatan keuangan. "Hingga saat ini perusahaan memiliki likuiditas yang baik, sehingga penggunaan kas internal dianggap sebagai opsi yang paling efisien," tambahnya.

Pada semester I/2024, kas dan setara kas MFIN tercatat sebesar Rp511,55 miliar, turun dari Rp1,96 triliun pada semester I/2023. Sementara itu, total aset MFIN pada paruh pertama 2024 sebesar Rp6,28 triliun, juga mengalami penurunan dibandingkan akhir 2023 yang sebesar Rp6,66 triliun.

Christel menyatakan bahwa pelunasan obligasi menggunakan kas internal dilakukan untuk menghindari biaya tambahan yang mungkin timbul dari opsi pendanaan lain, seperti pinjaman bank atau penerbitan obligasi baru. "Hal ini juga memungkinkan kami untuk menjaga keseimbangan finansial perusahaan dan mengoptimalkan pengelolaan aset yang ada," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper