Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Shinhan Naikkan Limit Channeling ke Kredivo jadi Rp800 Miliar

Kenaikan limit fasilitas channeling ini menjadi kedua kalinya oleh Bank Shinhan kepada Kredivo.
Ilustrasi suku bunga perbankan./ Dok. Freepik.
Ilustrasi suku bunga perbankan./ Dok. Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Shinhan Indonesia mengumumkan peningkatan limit fasilitas channeling menjadi Rp800 miliar kepada Kredivo, penyedia layanan Paylater di Indonesia. Kenaikan limit fasilitas channeling ini menjadi kedua kalinya oleh Bank Shinhan kepada Kredivo.

Untuk diketahui, Bank Shinhan Indonesia sendiri sempat memberikan fasilitas channeling kepada Kredivo dengan limit kredit senilai Rp250 miliar pada 2021 dan Rp500 miliar pada 2023. 

Adapun, kerja sama berkelanjutan ini merupakan komitmen Bank Shinhan Indonesia dan Kredivo untuk memperkuat penetrasi akses kredit yang mudah dan inklusif, seiring tingginya jumlah masyarakat unbanked di Indonesia, yakni mencapai 41% dari total populasi.

Presiden Direktur Bank Shinhan Indonesia Koo Hyunghoe mengatakan pemberian kenaikan limit fasilitas channeling yang kedua kalinya kepada Kredivo menunjukkan komitmennya untuk terus menjangkau konsumen ritel yang masih underbanked. 

“Terlebih, kami juga melihat bahwa Kredivo telah secara konsisten menerapkan sistem manajemen risiko yang ketat. Kami yakin bahwa kerja sama jangka panjang ini akan memberikan dampak signifikan,”  ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (19/8/2024).

Lebih lanjut, dia melaporkan di tengah dinamika ekonomi global dan era suku bunga tinggi, Bank Shinhan Indonesia telah mencatatkan peningkatan penyaluran kredit sebesar 15,31% pada Juni 2024 (yoy), dengan tingkat NPL (Non-Performing Loan) gross sebesar 2,42%. 

Di sisi lain, Kredivo juga mencatat kinerja positif dengan jumlah dan nilai transaksi tumbuh masing-masing sebesar 59% dan 78% (CAGR) dalam lima tahun terakhir. Kredivo juga menjaga tingkat NPL tetap berada di bawah rata-rata industri didukung sistem manajemen risiko yang didukung oleh AI-enabled real-time decisioning.

Menanggapi kerja sama ini, Co-Founder dan Presiden Direktur Kredivo Indonesia Umang Rustagi mengungkapkan peningkatan limit fasilitas channeling yang dilakukan di tengah dinamika kondisi pasar keuangan ini sekaligus menegaskan kuatnya fundamental bisnis yang Kredivo miliki. 

“Kredivo akan fokus mempergunakan channeling ini untuk terus memperluas akses kredit yang aman, fleksibel, dan terjangkau bagi masyarakat underbanked di kota-kota tier 2 dan tier 3," ujarnya.

Lebih lanjut, Umang menyebut kerja sama ini juga diharapkan dapat membantu Kredivo untuk melayani puluhan juta pengguna dalam beberapa tahun ke depan.

Sebagaimana diketahui, penguatan kerja sama antara Bank Shinhan Indonesia dan Kredivo sejalan dengan tumbuh meratanya penggunaan Paylater di Indonesia. 

Berdasarkan Laporan Perilaku Pengguna Paylater 2024 mengungkapkan peningkatan proporsi pengguna Paylater di kota tier 2 dan tier 3 dari 46% pada 2021 menjadi 53,6% pada 2023.

Selain itu, Paylater juga telah menjadi akses kredit pertama bagi 68% penggunanya. Hal ini mempertegas peran Paylater dalam memperluas penetrasi kredit kepada masyarakat underbanked di kota tier 2 dan 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper