Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setiap Provinsi Diharapkan Punya Jamkrida Tahun Depan

Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) berharap setiap provinsi di Indonesia memiliki perusahaan penjaminan kredit daerah (jamkrida) pada tahun depan.

Bisnis.com, JAKARTA- Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) berharap setiap provinsi di Indonesia memiliki perusahaan penjaminan kredit daerah (jamkrida) pada tahun depan.

Pada tahun ini, anggota Assipindo hanyalah PT Jamkrida Bali Mandara, PT Jamkrida Nusa Tenggara Barat Bersaing, PT Jamkrida Jawa Timur, PT Jamkrida Riau, PT Jamkrida Jawa Barat, PT Penjamin Kredit Pengusaha Indonesia dan Perum Jamkrindo.

 Pada umumnya, modal jamkrida dimiliki sebagian atau sepenuhnya oleh pemerintah provinsi. “Kalau bisa, tahun 2014 semua provinsi memiliki jamkrida. Setiap provinsi memiliki mekanismenya masing-masing,” kata Ketua Asippindo Diding S.Anwar, Selasa (12/11/2013)

Potensi bisnis penjaminan kredit ini dianggap cukup besar. Apalagi nilai penyaluran kredit usaha, mikro, kecil dan menengah cukup besar. “Perusahaan penjamin juga dituntut untuk untung,” katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK Firdaus Djaelani mengatakan pihaknya akan mendukung pendirian jamkrida di sejumlah provinsi.

Perusahaan penjaminan kredit juga merupakan lembaga keuangan non-bank yang diawasi oleh regulator. “Jamkrida DKI Jakarta dan Jawa Tengah sebentar lagi akan terbentuk juga,” kata Firdaus,

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper