Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENDANAAN KPR: Asosiasi Pembiayaan Siap Garap Kredit Perumahan

Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) melihat potensi pembiayaan perumahan bagi multifinance.

Bisnis.com, JAKARTA—Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) melihat potensi pembiayaan perumahan bagi multifinance.

Ketua Umum APPI Suwandi Wiratno mengatakan potensi APPI bergerak di bidang pembiayan rumah sangat besar, meskipun selama ini asosiasi dominan memberikan pembiayaan untuk motor, mobil, kapal dan alat-alat berat.

“Kami melihat kebutuhan untuk perumahan seccondary moortgage sangat tinggi. Namun, sebelum kami  penyalurkan pembiayaan hal yang dilihat terlebih dahulu adalah faktor risiko,” ungkapnya dalam acara Seminar Kiat Pendanaan KPR Saat Bunga Tinggi, Rabu (12/2/2013).

Di sisi lain, data Bank Indonesia menyebutkan sebanyak 62% masyarakat Indonesia belum memiliki akses ke perbankan terutama untuk golongan masyarakay yang mempunyai non fixed income.

Padahal, berdasarkan data Kementerian Perumahan Rakyat 2013, kebutuhan perumahan di Indonesia mencapai 15 juta unit. Adapun total posisi pembiayaan yang disalurkan oleh APPI hingga 2013 mencapai Rp348 triliun, tumbuh sekitar 11,89% dari posisi Rp311 triliun.

Suwandi melihat tantangan-tantangan pembiayaan perumahan adalah jangka waktu pembiayaan perumahan yang panjang, hubungan dengan perbankan serta tidak diperbolehkannya membiayai perumahan yang indent.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper