Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pekerja Seks Kesulitan Akses Layanan BPJS Kesehatan

Pekerja seks di berbagai daerah masih menghadapi sejumlah persoalan dalam mengakses pelayanan asuransi sosial yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 22 April 2014  |  18:21 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Pekerja seks di berbagai daerah masih menghadapi sejumlah persoalan dalam mengakses pelayanan asuransi sosial yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Hana, Program Officer Organisasi Perubahan Sosial Indonesia, mengatakan salah satu persoalan tersebut adalah kartu identitas yang dapat dipakai di fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas.

“Dalam implementasi JKN [Jaminan Kesehatan Nasional], masih ada yang tidak bisa askes Puskesmas karena katanya harus sesuai dengan domisili,” katanya ketika ditemui Bisnis, Selasa (22/4/2014).

Menurut Hana, pekerja seks pada umumnya memiliki mobilitas yang tinggi dan jarang menetap di satu wilayah tertentu. BPJS Kesehatan diharapkan turut memikirkan persoalan seperti itu yang masih ditemui di lapangan.

Hana berharap pekerja seks dapat menggunakan fasilitas kesehatan seperti puskesmas tidak hanya di tempat tertentu sesuai domisili yang tertera KTP.

Untuk diketahui, BPJS Kesehatan menyelenggarakan asuransi sosial untuk semua warga negara sejak 1 Januari 2014. Lembaga negara tersebut merupakan hasil pembubaran PT Askes.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpjs bpjs kesehatan pekerja seks
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top