Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembayaran Klaim Asuransi Astra Buana Balikpapan Menurun 17%

Lalu lintas Balikpapan yang relatif tertib dan menurunnya bisnis otomotif berkontribusi pada penurunan pembayaran klaim oleh Asuransi Astra. Penurunan pembayaran ini dianggap menguntungkan bagi perusahaan
Ilustrasi-Asuransi/www.getbudget.com
Ilustrasi-Asuransi/www.getbudget.com
Bisnis.com, BALIKPAPAN-Pembayaran klaim PT Asuransi Astra Buana Cabang Balikpapan menurun 17% secara year to date, dengan nilai klaim keseluruhan mencapai sekitar Rp22 miliar. 
 
Sedangkan perolehan premi asuransi hingga kini mencapai Rp36 miliar. Branch Manager PT Asuransi Astra Buana Cabang Balikpapan Lindung Karuniawan mengatakan penurunan klaim ini diakibatkan oleh beberapa hal. 
 
"Pergerakan lalu lintas di Balikpapan dan Samarinda sudah relatif tertib, jadi tingkat kecelakaannya rendah. Cakupan jaminan kami cukup luas, mulai dari kerusakan, total loss, atau banjir," ungkapnya, Selasa (31/10/2017). 
 
Namun disamping itu, menurunnya bisnis dan pangsa penjualan otomotif dinilai juga berpengaruh pada penurunan klaim, termasuk pada penjualan premi. Seperti yang diketahui, pangsa penjualan otomotif di kota minyak menurun dari tahun ke tahun. 
 
Kendati demikian, Lindung mengatakan kesadaran masyarakat untuk mengasuransikan kendaraannya sudah cukup tinggi. Dia pun menjamin pihaknya mampu menjamin kebutuhan pemegang polis. 
 
"Kami akan bayarkan sesuai kerugian semaksimal mungkin, bahkan jika sampai total loss seperti mobil hilang. Tentunya apabila pengajuan klaimnya masuk dalam coveragenya," ujarnya. 
 
Sebab, pihaknya beberapa kali menolak pembayaran klaim lantaran pengajuan yang tak sesuai, tak jarang pihaknya pun menerima pengajuan klaim yang direkayasa. 
 
Dia mencontohkan pengajuan klaim oleh pemegang polis jenis pribadi atas kendaraannya yang dimanfaatkan secara komersil sebagai angkutan transportasi online. 
 
"Kalau kasusnya seperti itu kami tolak, kan polis yang dipakai bukan untuk komersil melainkan kendaraan pribadi. Jadi sebaiknya pemilik kendaraan yang digunakan untuk komersil, juga mengupdate jenis polisnya," tutur Lindung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Anggi Oktarinda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper