Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Klaim Asuransi Kebakaran Pasar Atas Bukittinggi Capai Rp17,5 Miliar

Bisnis.com, JAKARTA Konsorsium Asuransi Risiko Khusus (KARK) mencatat angka sementara nilai klaim pertanggungan senilai Rp17,5 miliar pada peristiwa kebakaran Pasar Atas Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.
Pasar Atas Bukittinggi, Sumatra Barat terbakar, Senin (30/10/2017)/Antara
Pasar Atas Bukittinggi, Sumatra Barat terbakar, Senin (30/10/2017)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Konsorsium Asuransi Risiko Khusus (KARK) mencatat angka sementara nilai klaim pertanggungan senilai Rp17,5 miliar pada peristiwa kebakaran Pasar Atas Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Mas Agus Sapardi, Manager KARK, menjelaskan pihaknya mendapatkan akumulasi polis asuransi kebakaran dari 11 anggota KARK. Terdata sebanyak 108 polis asuransi kebakaran yang dimiliki oleh korban dalam peristiwa tersebut.

“Jumlah pertanggungan Rp17,5 miliar,” ungkapnya kepada Bisnis, Rabu (1/11/2017).

Agus menjelaskan, nilai pertanggungan tersebut dikenakan kepada stok barang dagangan. Terkait estimasi kerugian, jelasnya, saat ini perusahaan asuransi masih menunggu laporan dari pihak tertanggung.

Menurut dia, nilai klaim pertanggungan itu pun berpotensi meningkat. “Kami menunggu laporan lanjutan dari anggota [KARK], yang tercatat memang 108 polis,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sedikitnya 800 kios pedagang di pusat pertokoan Pasar Atas Kota Bukittinggi, Sumbar, ludes terbakar, Senin (30/10/2017) dini hari dan menyebabkan aktivitas jual beli di salah satu pasar terbesar di Sumbar itu lumpuh total.

Agus mengakui jumlah tertanggung asuransi dalam peristiwa kebakaran ini terbilang minim dibandingkan jumlah keseluruhan kios yang ada di pasar tersebut. Kendati begitu, sebut dia, tidak tertutup kemungkinan para pedagang membeli polis asuransi kebakaran dari perusahaan asuransi yang tidak menjadi anggota KARK.

“Mungkin para pedagang ada asuransinya yang terkait dengan kredit bank. Kalau yang di luar KARK kami tidak dapat mendeteksi,” jelasnya.

Agus mengatakan hingga saat ini anggota KARK sebanyak 63 perusahaan asuransi. Seluruh perusahaan asuransi umum itu pun  masih berkomitmen untuk melindungi pertanggungan risiko pasar.

“Jumlah pasar yang sudah kami register saat ini ada 5.000 pasar di seluruh Indonesia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Anggi Oktarinda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper