KABAR PASAR 21 NOVEMBER: Duit Kantong Kanan Geser Kiri, Pimpinan KPK ‘Melawan’

Berita mengenai upaya mengurangi beban defisit program JKN-BJS Kesehatan dan ‘perlawanan’ atas pemberlakuan Undang-undang tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi hasil revisi, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Kamis (21/11/2019).
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 21 November 2019  |  08:30 WIB
KABAR PASAR 21 NOVEMBER: Duit Kantong Kanan Geser Kiri, Pimpinan KPK ‘Melawan’
Peserta BPJS Kesehatan memperlihatkan kartu peserta - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai upaya mengurangi beban defisit program JKN-BJS Kesehatan dan ‘perlawanan’ atas pemberlakuan Undang-undang tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi hasil revisi, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Kamis (21/11/2019).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Duit Kantong Kanan Geser Kiri. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan mengalihkan sementara Dana Badan sebesar Rp3,1 triliun untuk meringankan beban defisit lembaga tersebut dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Indonesia Bisa Jagokan Otomotif. Indonesia harus memfokuskan diri menyiapkan insentif dan produk-produk unggulan yang ditargetkan dapat menjadi tujuan investasi asing pascaberlakunya Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Pertimbangkan Efektivitas. Bank Indonesia perlu mengkaji efektivitas pemangkasan suku bunga acuan yang telah dilakukan selama 4 kali pada tahun ini. Di sisi lain, relaksasi makroprudensial dinilai lebih mendesak untuk dilakukan.

Nikel Tak Lagi Menggebu-gebu. Nikel mulai kehilangan kepercayaan diri untuk melanjutkan reli yang luar biasa sejak perdagangan awal tahun ini dan memasuki tren bearish akibat prospek permintaan yang berbalik melemah di sisa akhir tahun ini.

Investor Sulit Masuk Kalimantan Timur. Banyaknya investor yang hendak menanamkan modalnya ke Kalimantan Timur sebagai calon ibu kota negara (IKN) belum dibarengi dengan upaya penyederhanaan perizinan usaha.

Ekspor Perhiasan Berkilau. Ekspor komoditas perhiasan atau permata Provinsi Sulawesi Utara tumbuh hingga 40,99% sepanjang periode Januari 2019—Oktober 2019 dan mengalami kenaikan kontribusi terhadap total nilai perdagangan nonmigas Bumi Nyiur Melambai.

Pimpinan KPK ‘Melawan’. Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi benar-benar melakukan upaya ‘perlawanan’ atas pemberlakukan Undang-undang tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi hasil revisi.

NIM Sulit Menanjak. Tingkat margin bunga bersih (net interest margin/NIM) perbankan diperkirakan masih sulit untuk menanjak hingga akhir 2019. Pasalnya, tren penurunan suku bunga simpanan ditransmisikan ke suku bunga kredit.

Pabrikan Global Kepincut Indonesia. Investasi baru di sektor petrokimia dipastikan mengalir ke Indonesia, menyusul kunjungan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ke Tokyo dan Seoul pada 16—20 November 2019. Indonesia dinilai menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan paling menarik di dunia.

AppWorks Himpun US$150 Juta. AppWorks, perusahaan modal ventura asal Taiwan, menargetkan menghimpun US$150 juta dalam dana kelolaan yang difokuskan untuk mendanai bisnis rintisan di Asia Tenggara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
KPK, bpjs kesehatan

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top