Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BRI Genggam Komitmen Pinjaman Luar Negeri Setara Rp15 Triliun

Pinjaman diperoleh dalam skema club loan yang berasal dari 10 bank regional Asia, Eropa, dan Amerika.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 13 Mei 2020  |  15:53 WIB
Nasabah bertransaksi melalui mesin ATM di galeri e-banking Bank BRI, di Jakarta, Selasa (12/9). - JIBI/Dwi Prasetya
Nasabah bertransaksi melalui mesin ATM di galeri e-banking Bank BRI, di Jakarta, Selasa (12/9). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memperoleh komitmen pinjaman luar negeri senilai US$1 miliar atau sekitar Rp15 triliun (kurs Rp15.000 per dolar AS) untuk tahun ini.

Pinjaman diperoleh dalam skema club loan yang berasal dari 10 bank regional Asia, Eropa, dan Amerika untuk digunakan untuk memperkuat struktur liabilities dan meningkatkan net stable funding ratio, menjaga likuiditas valas dan menyiapkan sumber pendanaan untuk ekspansi kredit.

Direktur Utama BRI Sunarso menyebutkan pinjaman luar negeri ini memperlihatkan kepercayaan investor asing terhadap BRI dan Indonesia masih cukup tinggi di tengah ketidakpastian global.

"Terlebih lagi, ini juga menjadi bukti bahwa Indonesia menjadi salah satu tujuan investasi menarik di dunia," katanya dalam siaran pers BRI, Rabu (13/5/2020).

Adapun, pinjaman club loan ini terdiri dari tiga fasilitas yang diberikan yaitu tranche A senilai US$ 500 juta selama 1 tahun, tranche B senilai US$ 200 juta selama 2 tahun, dan tranche C senilai US$ 300 juta selama 5 tahun.

“Skema club loan merupakan salah satu alternatif sumber pendanaan valas bagi BRI selain penerbitan global bond guna melengkapi penghimpunan Dana Pihak Ketiga BRI”, ungkap SEVP Treasury dan Global Services BRI Listiarini Dewajanti.

Sebagai informasi, pada 2018 BRI telah mengantongi pinjaman luar negeri dengan nilai US$ 700 juta. Sindikasi club loan tersebut dikucurkan oleh 13 kreditur terbagi atas tiga tranche yakni US$ 200 juta, US$ 235 juta, dan US$ 265 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri pinjaman luar negeri likuiditas
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top