Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wadirut BNI Tak Lolos Fit and Proper Test, Dirut Jelaskan Langkah Selanjutnya

Anggoro Eko Cahyo sebelum dicalonkan sebagai wakil direktur BNI pernah menjabat sebagai Direktur Bisnis Konsumer.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  13:06 WIB
Direktur Utama BNI Herry Sidharta, saat masih menjabat sebagai Wadirut BNI, memaparkan Laporan Kinerja BNI 2018 di Jakarta, Rabu (23/1/2019). - ANTARA/Reno Esnir
Direktur Utama BNI Herry Sidharta, saat masih menjabat sebagai Wadirut BNI, memaparkan Laporan Kinerja BNI 2018 di Jakarta, Rabu (23/1/2019). - ANTARA/Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. mengatakan akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) terkait Wakil Direktur Utama Anggoro Eko Cahyo yang tidak lolos uji kelayakan dan kepatutan alias fit and proper test oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Direktur Utama BNI Herry Sidharta mengatakan kemungkinan adanya calon baru yang menduduki posisi wakil direktur utama belum dapat dipastikan. Keputusan untuk mengeluarkan calon baru untuk menduduki posisi wakil direktur utama akan diserahkan ke pemegang saham.

"Mereka [pemegang saham] serahkan siapa, kami ikut saja," katanya, Rabu (1/7/2020).

Menurutnya, apabila sesuai ketentuan, fit and proper test bisa dilakukan ulang selama enam bulan. Namun, kepastian untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan ulang atas Anggoro yang menduduki posisi Wakil Direktur Utama masih wewewenang pemegang saham.

"Itu haknya pemegang saham, untuk yang menempatkan siapa itu kan pemegang saham yang punya wewenang," katanya.

Adapun sebelumnya, Anggoro Eko Cahyo sebelum dicalonkan sebagai wakil direktur BNI pernah menjabat sebagai Direktur Bisnis Konsumer. Artinya, Anggoro merupakan sosok lama yang masih dipercaya oleh Kementerian BUMN untuk menjabat kembali di pengurusan direksi.

Selain Anggoro, sosok lama yang masih dipercaya yakni Herry Sidharta. Sebelumnya, Herry merupakan wakil direktur utama kemudian menjadi direktur utama BNI.

Ada pula Putrama Wahju Setyawan yang sebelumnya menjabat sebagai direktur bisnis korporasi kemudian menjadi Direktur Trisuri dan Internasional.

Tambok Parulian Setyawati yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Bisnis UMKM & Jaringan menjadi Direktur Bisnis UMKM. Bob Tyasika Ananta kini menjabat sebagai Direktur Human Capital dan Kepatuhan dari sebelumnya Direktur Treasury & Internasional Banking.

Adi Sulistyowati yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Hubungan Kelembagaan kini menjadi Direktur Layanan dan Jaringan.

Sosok-sosok baru yang menjabat sebagai direksi BNI saat ini yakni Sigit Prastowo sebagai Direktur Keuangan, Osbal Saragi Rumahorbo sebagai Direktur Manajemen Risiko, Corina Leyla Karnalies Direktur Bisnis Konsumer, Y.B. Hariantono sebagai Direktur IT dan Operasi, Sis Apik Wijayanto sebagai Direktur Hubungan Lembaga, dan Benny Yoslim sebagai Direktur Bisnis Korporasi.

Adapun, berikut susunan direksi BNI saat ini :

Direktur Utama : Herry Sidharta

Wadirut : Anggoro Eko Cahyo

Direktur Keuangan : Sigit Prastowo

Direktur Manajemen Risiko : Osbal Saragi Rumahorbo

Direktur Trisuri dan Internasional : Putrama Wahju Setyawan

Direktur Bisnis Konsumer : Corina Leyla Karnalies

Direktur Bisnis UMKM : Tambok Parulian Setyawati

Direktur IT dan Operasi : Y.B. Hariantono

Direktur Human Capital dan Kepatuhan : Bob Tyasika Ananta

Direktur Hubungan Lembaga : Sis Apik Wijayanto

Direktur Bisnis Korporasi : Benny Yoslim

Direktur Layanan dan Jariangan : Adi Sulistyowati

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bni fit and proper test OJK
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top