Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank Muamalat Bidik Potensi Pembiayaan Haji Muda Rp455 Triliun

Perseroan memperkirakan ada sekitar 13 juta potensi anak muda yang membutuhkan pembiayaan haji.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 02 Juli 2020  |  13:28 WIB
Pekerja melintas di depan logo Bank Muamalat di Jakarta, Kamis (5/3/2020). Bisnis - Abdurachman
Pekerja melintas di depan logo Bank Muamalat di Jakarta, Kamis (5/3/2020). Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. akan memanfaatkan potensi pembiayaan program haji muda dengan nilai Rp455 triliun.

Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat Purnomo B. Soetadi mengatakan perseroan memperkirakan ada sekitar 13 juta potensi anak muda yang membutuhkan pembiayaan haji. Jika perkiraan biaya haji sekitar Rp35 juta, maka besar pasar pembiayaan haji ini mencapai Rp455 triliun.

"Nilainya silakan dikalikan sendiri, tetapi kami cukup optimistis untuk memanfaatkan pasar ini untuk perluasan bisnis Bank Muamalat," katanya usai Focus Group Discussion (FGD) Gerakan MINA (Mari Tunaikan Haji Selagi Muda) Bank Muamalat bersama BPKH, Kamis (2/7/2020).

Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat Achmad K. Permana menyebutkan program pembiayaan haji ini masih dibahas.

"Secara akad itu dibolehkan, hanya saja potensi ini tidak akan langsung dioptimalkan sekaligus. Kami akan melakukan penetrasi secara bertahap," ujarnya.

Dia pun menjelaskan pasar pembiayaan untuk melalui Gerakan MINA sangat potensial, yakni generasi milenial yang telah memiliki pendapatan.

"Nah, ke depan kami akan melakukan sosialisasi agar haji sudah menjadi prioritas mereka. Karena bagaimana pun menunggu 21 tahun itu sudah terlalu lama, apalagi harus menunggu pemenuhan tabungan terlebih dahulu," ujarnya.

Sebagai informasi, jumlah calon jamaah haji reguler yang menabung di Bank Muamalat per akhir 2019 sebanyak 107.494 nasabah, angka ini terus meningkat selama 3 tahun terakhir. Adapun jumlah calon jemaah haji khusus per akhir 2019 sebanyak 5.835 orang orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembiayaan bank syariah bank muamalat Ibadah Haji
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top