Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ungguli Bank Konvensional, Pembiayaan Syariah Tumbuh 2 Digit Semester I/2020

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Teguh Supangkat mengatakan pertumbuhan pembiayaan perbankan syariah per Mei 2020 masih di atas 10%.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 23 Juli 2020  |  16:27 WIB
Bank syariah - Ilustrasi/bisnisaceh.com
Bank syariah - Ilustrasi/bisnisaceh.com

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengklaim pertumbuhan pembiayaan perbankan syariah masih terbilang agresif pada paruh pertama tahun 2020.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Teguh Supangkat mengatakan pertumbuhan pembiayaan perbankan syariah per Mei 2020 masih di atas 10%. Pertumbuhan ini terutama ditopang oleh bank umum syariah, tetapi unit usaha syariah pun masih mampu tumbuh di kisaran 6%. .

“Pertumbuhan perbankan syariah masih cukup baik 10,14%, masih lebih baik dibandingkan dengan konvensional yang hanya 3,04%,” katanya dalam acara Webminar Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Indonesia, Kamis (23/7/2020).

Meski demikian, Teguh pun mengakui tren tersebut sudah mulai melandai dari pertumbuhan tahunan sebelumnya. Pertumbuhan pembiayaan bersih dalam lima bulan pertama tahun ini pun hanya 2,42%.

Hal ini juga berdampak pada pelemahan kualitas pembiayaan perbankan syariah. Rasio non-perfoming financing (NPF) secara perlahan naik ke level 3,31%.

"Namun perlu dicatat ini masih aman karena pencadangan yang cukup. Dari sisi modal juga masih cukup baik karena rasio kecukupan modalnya masih di 20,62%,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembiayaan bank syariah perbankan
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top