Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Di Tengah Pandemi, BI Laporkan e-Commerce Agustus Naik hingga 140 Juta Transaksi

Berdasarkan data BI, pembelian untuk makanan dan minuman melonjak pada awal kasus Covid-19.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 21 Oktober 2020  |  15:24 WIB
Karyawan melintas di dekat logo Bank Indonesia di Jakarta, Senin (3/2 - 2020).
Karyawan melintas di dekat logo Bank Indonesia di Jakarta, Senin (3/2 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA - Potensi digital Indonesia sangat kuat dilihat dari penggunaan internet yang tinggi. Akan tetapi dalam beberapa tahun terakhir untuk jual beli belum terlalu tampak.

Principal Economist Payment System Policy Department Bank Indonesia (BI) Agung Purwoko mengatakan bahwa dengan jumlah populasi sebanyak 269 juta jiwa, penetrasi penggunaan internet mencapai 64 persen.

Aktivitas tersebut tidak dibarengi dengan keuangan digital. Ini terlihat dari perkembangan program transaksi elektronim kurang berkembang.

Di tengah pandemi Covid-19, kegiatan tersebut seakan membantu. Warga yang tetap tinggal di rumah tapi butuh berbelanja dipaksa menggunakan digital.

“Transaksi di e-commerce [dagang elektronik] ada di atas 140 juta transaksi. Ini berdasarkan data Agustus 2020,” katanya melalui diskusi virtual, Rabu (21/10/2020).

Agung menjelaskan bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan pada bulan yang sama tahun lalu, di mana angkanya sekitar 80 juta transaksi.

Berdasarkan data BI, pembelian untuk makanan dan minuman melonjak pada awal kasus Covid-19. Setelah keyakinan masyarakat mulai tinggi, sektor tersebut mulai menurun.

“Grafik yang terus menunjukkan kenaikan bahkan saat awal kasus pertama kali ditemukan adalah perlengkapan rumah tangga dan kantor serta perlindungan pribadi dan kosmetik,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia e-commerce Transaksi Nontunai Covid-19
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top