Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sempat Tertekan saat Awal Pandemi, Likuiditas Bank Kecil Mulai Pulih

Pada masa awal pandemi terjadi pengetatan likuditas pada bank-bank kecil karena ada indikasi ketidakyakinan masyarakat pada bank cilik.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 26 November 2020  |  18:03 WIB
Karyawan beraktivitas di dekat logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di dekat logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyebut likuiditas bank kecil sudah mulai membaik, setelah sempat tertekan pada masa awal pandemi Covid-19.

Anggota Dewan Komisioner LPS Didik Madiyono tidak menjawab ketika ditanya apakah ada bank yang dalam penanganan serius di tengah pandemi. Meski begitu, dia memastikan kondisi bank-bank kecil sudah mulai membaik.

Didik mengatakan pada masa awal pandemi terjadi pengetatan likuditas pada bank-bank kecil. Pada saat itu ada indikasi ketidakyakinan masyarakat pada bank cilik.

Namun, kata dia, saat ini kondisi bank kecil terutama BUKU 1 dan 2 sudah mulai membaik. Nasabah telah kembali menyimpan dananya di bank tersebut.

"Kemarin pada saat awal pandemi terjadi pengetatan di bank-bank kecil. Sekarang kondisi sudah membaik terutama di BUKU 1 BUKU 2, nasabah sudah kembali lagi," katanya dalam dialog virtual, Kamis (26/11/2020).

Data LPS mencatat, nominal simpanan di BUKU I per September 2020 mencapai Rp54 triliun atau tumbuh 1,7 persen secara ytd. Demikian pula, nominal simpanan BUKU II mencapai Rp860 triliun atau tumbuh 12,9 persen secara ytd.

Kondisi tersebut berbeda pada periode Maret-Juli 2020, nominal simpanan pada bank BUKU 1 mengalami pertumbuhan negatif secara ytd. Nominal simpanan bank BUKU 1 mulai mencatat pertumbuhan positif pada Agustus 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tabungan lps deposito simpanan perbankan likuiditas
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top