Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Iggi Haruman Achsien, Sekjen MES Pilihan Erick Thohir

Iggi Haruman Achsien ditunjuk oleh Erick Thohir menjadi Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2021-2023 sesaat setelah Menteri BUMN itu ditunjuk menjadi ketua umum pada Musyawarah Nasional, Sabtu (23/1/2021). Siapakah Iggi ini?
Iggi H. Achsien, Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2021-2023./Bisnis-istimewa
Iggi H. Achsien, Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2021-2023./Bisnis-istimewa

Bisnis.com, JAKARTA –Erick Thohir ditunjuk menjadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2021-2023 pada Musyawarah Nasional, Sabtu (23/1/2021). Menteri BUMN itu kemudian memilih Iggi H. Achsien menjadi Sekjen.

“Pada kesempatan ini saya ingin mengusulkan saudara Iggi Haruman menjadi Sekjen membantu saya, mohon diperkenankan,” ujar Erick dalam sambutan seusai terpilih terpilih menjadi Ketua Umum MES.

Iggi cukup lama berkecimpung di ekonomi syariah. Saat ini dia menjabat sebagai Tim Ahli Wakil Presiden Republik Indonesia. Selain itu, dia menjabat Komisaris Independen di Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Pasar Modal Syariah Dewan Syariah Nasional Indonesia. Iggi aktif terlibat dalam industri keuangan syariah, karena ikut menjadi pelopor pasar obligasi syariah (sukuk) saat penerbitan obligasi syariah pertama Mudharabah Indosat 2002.

Selanjutnya, dia terlibat dalam pendampingan penataan sukuk pertama yang diterbitkan negara melalui Kementerian Keuangan. Pada 2012, Iggi menjabat sebagai Komisaris Independen AJB Bumiputera 1912, perusahaan asuransi mutual tertua dan satu-satunya di Indonesia.

Setahun kemudian, dia memiliki pengalaman sebagai komisaris di perusahaan asuransi kredit, PT Jamkrida Jabar, yang mengemban amanah membantu usaha koperasi, usaha mikro kecil, dan menengah di Jawa Barat Indonesia.

Pria asal Indramayu berumur 43 tahun itu, meraih gelar sarjana Manajemen Keuangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dengan predikat cum laude.

Selanjutnya dia menyelesaikan Program Global Leadership Executive MBA (GLEMBA), gelar ganda antara Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Aalto University Finland.

Iggi dalam sebuah webinar bertajuk Islamic Finance and Industry Outlook 2021 pada Sabtu (30/1) menyampaikan gerakan ekonomi syariah diharapkan menyentuh lintas golongan masyarakat. Termasuk partai politik nasionalis, seperti PDI Perjuangan dan lainnya.

Pernyataan Iggi itu terbukti dengan pengangkatan Puan Maharani menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina MES mendampingi Wapres Ma’ruf Amin.

"Ibu Puan Maharani bisa dilibatkan. Tidak hanya Wapres. Jadi lebih familiar dan ikut mendorong ekonomi syariah. Kalau [dari] PPP, PKB biasa dibayangkan," ujarnya dalam seminar tersebut.

Dia pun menambahkan, selain politisi stasiun televisi hingga para pesohor bisa digandeng untuk melakukan sosialisasi ekonomi syariah. “Kalau mengundang Anya Geraldine ngomongin ekonomi syariah kan dampaknya jadi lebih luas," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper