Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sabar! Bank Digital BCA Meluncur Sebelum Juni, Ini Bocoran Fiturnya

Bank Digital BCA akan beroperasi menjadi neo bank dengan ciri khasnya, yakni tidak ada transaksi tunai dan tidak memiliki kantor cabang.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 23 April 2021  |  11:23 WIB
Nasabah berbicara dengan karyawan melalui Video Banking di salah satu Kantor Cabang Bank BCA di Jakarta, Rabu (23/9/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Nasabah berbicara dengan karyawan melalui Video Banking di salah satu Kantor Cabang Bank BCA di Jakarta, Rabu (23/9/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk. segera meluncurkan layanan bank digitalnya, melalui entitas anak yakni PT Bank Digital BCA, dalam waktu dekat.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengungkapkan pihaknya akan meresmikan Bank Digital BCA sebelum Juni 2021. BCA Digital akan beroperasi menjadi neo bank dengan ciri khasnya, yakni tidak ada transaksi tunai dan tidak memiliki kantor cabang.

"Kita menunggu BCA Digital akan diresmikan sebelum Juni," katanya dalam paparan kinerja kuartal I/2021, Kamis (23/4/2021).

Jahja mengatakan BCA saat ini telah memiliki lebih dari 22 juta nasabah. Berbagai layanan yang disediakan BCA dapat diterima dan digunakan nasabahnya, tetapi tidak fokus pada kalangan milenial yang lebih digital savvy.

Oleh karena itu, BCA perlu memiliki bank digital yang akan menjadi neo bank dengan ciri khasnya tidak ada transaksi tunai dan tidak memiliki kantor cabang. Meski begitu, BCA Digital tetap dapat terhubung dengan ATM BCA karena kebutuhan uang tunai masih diperlukan oleh masyarakat.

Jahja menambahkan BCA terus mencermati perkembangan industri perbankan digital. Sebab, sejauh ini banyak model bank digital yang telah berkembang dan sukses dalam valuasi, tetapi belum sukses secara fundamental.

"Meskipun seperti Kakao Bank mereka sudah profitable. Mungkin ada satu dua yang terbilang sudah mulai betul-betul profitable. Yang lain baru tinggi dalam valuasi, tetapi belum dalam real performance," imbuhnya.

Oleh karena itu, strategi BCA Digital pada masa awal beroperasi akan fokus pada segi pendanaan dan digital payment.

"Bahwa sebagai bank, tentunya ada funding dan kredit, itu yang akan kami belajar bersama. Apakah itu dengan semacam channeling dengan company kami maupun metode lain," imbuhnya.

Direktur Vera Eve Lim mengatakan peluncuran BCA Digital tetap seperti target semula yakni kuartal II tahun ini. Fitur yang disediakan juga dipastikan akan berbeda dan sangat cocok untuk kalangan milenial.

"Yang pasti rekening tabungan beda banget dan menarik. Nantinya dari tabungan bisa diatur untuk tabungan menikah, arisan, jalan-jalan dan sebagainya. Akan cocok banget bagi temen-temen milenial. Bagaimana persisnya? Kita tunggu tanggal mainnya," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca Bank Digital bank digital BCA
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top