Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Guys! LPS Kembali Buka Lowongan Pendidikan Calon Pegawai

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi wajib mengikuti program pendidikan selama 1 tahun dan ikatan dinas selama 2 tahun.
Karyawan beraktivitas di dekat logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Selasa (23/4/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Karyawan beraktivitas di dekat logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Selasa (23/4/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Sesuai amanat Undang-undang Nomor 2 Tahun 2020 kepada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), di antaranya perluasan fungsi serta peran LPS sebagai risk minimizer, LPS dituntut harus proaktif mencegah kegagalan bank dengan early intervention.

Salah satu langkah LPS menjalankan fungsi tersebut adalah meningkatkan kapasitas SDM melalui program Pendidikan Calon Pegawai (PCP). PCP merupakan program khusus untuk menyeleksi dan mengembangkan potensi calon pegawai sesuai kompetensi LPS.

“Program ini ditujukan untuk memberikan pendidikan dan pemahaman tentang LPS serta keterampilan lainnya yang harus dimiliki oleh calon pegawai. Peserta Program PCP wajib mengikuti secara tuntas setiap tahapan evaluasi dan wajib memenuhi standar kelulusan, sebelum diangkat menjadi pegawai LPS,” ujar Direktrur Eksekutif Sumber Daya Manusia dan Administrasi LPS Didi Prakoso, Jumat (25/06/2021).

Adapun, persyaratan yang ditentukan dalam program rekrutmen PCP ini antara lain warga negara Indonesia, pria atau wanita dengan usia maksimal 25 tahun per 31 Juli 2021.

Calon peserta juga disyaratkan memiliki pendidikan minimal strata 1 dengan jurusan ekonomi, manajemen, akuntansi, hukum, teknologi informasi atau teknik Iinformatika.

Sementara itu IPK yang diwajibkan minimal 3.00 skala 4.00, akreditasi jurusan A atau termasuk 100 Universitas terbaik di dunia, bagi lulusan luar negeri. Calon pegawai diharuskan belum menikah atau belum pernah menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama masa pendidikan.

Nantinya, tahapan seleksi PCP akan melewati proses seleksi administrasi, tes potensi dan psikotes, tes bahasa Inggris (TOEFL), wawancara user, cek kesehatan, dan verifikasi latar belakang pelamar.

"Apabila sudah dinyatakan lolos tes diatas, peserta wajib mengikuti program pendidikan selama 1 tahun dan ikatan dinas selama 2 tahun.  Pada saat menjalani masa pendidikan, peserta akan dievaluasi dengan sistem gugur, antara lain bela negara, spiritual program, klasikal program, internalisasi nilai-nilai LPS, orientasi dan asesmen, serta on the job training (OJT),” jelas Didi.

Sebelumnya, PCP angkatan I dilakukan pada 2018, dengan total pelamar sejumlah 14.439. Setelah melalui berbagai tahapan seleksi, 107 calon pegawai PCP dinyatakan lulus dan diterima sebagai pegawai LPS. 

Bagi para pelamar yang berminat untuk bergabung, program rekrutmen PCP ini akan dimulai dengan dibukanya periode registrasi online di situs resmi LPS www.lps.go.id pada 26 Juni 2021 hingga 4 Juli 2021.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper