Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kejar Deadline, Bank Victoria (BVIC) Tambah Modal Lewat Private Placement

Mengacu Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.12/POJK/03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum, modal inti minimum bank paling sedikit sebesar Rp2 triliun pada 31 Desember 2021.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 28 November 2021  |  15:15 WIB
Bank Victoria - victoriabank.co.id
Bank Victoria - victoriabank.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Victoria International Tbk. (BVIC) berencana untuk melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

BVIC akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 953.815.298 saham atau setara dengan 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan dengan nilai nominal Rp100 per saham.

Manajemen menyampaikan, rencana tersebut dilakukan untuk memperkuat struktur permodalan dan meningkatkan jumlah saham yang beredar, sehingga secara tidak langsung meningkatkan likuiditas perdagangan atas saham perseroan.

Mengacu Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.12/POJK/03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum, modal inti minimum bank paling sedikit sebesar Rp2 triliun pada 31 Desember 2021.

Modal inti tersebut selambat-lambatnya harus terpenuhi pada 31 Desember 2021. Artinya, satu bulan lagi menuju tenggat yang ditentukan, bank kecil harus memiliki modal inti minimum Rp2 triliun.

Sementara itu, Bank Victoria memiliki modal inti sebesar kurang lebih Rp1,77 triliun per 30 September 2021. Perseroan menyatakan bahwa pelaksanaan PMTHMETD merupakan salah satu tindak lanjut rencana pemenuhan modal inti minimum.

“PMTHMETD ini dilakukan dalam rangka selain perbaikan posisi keuangan dan selain program kepemilikan saham akan dilaksanakan sekaligus atau bertahap dalam jangka waktu 2 tahun,” tulis manajemen dalam keterbukaan informasi, Jumat (26/11/2021).

Namun, pelaksanaan PMTHMETD terhitung sejak diperolehnya persetujuan RUPSLB perseroan yang akan diselenggarakan pada Selasa, 30 November 2021. Lebih lanjut, penyetoran akan dilaksanakan dalam bentuk uang tunai.

Dalam aksi tersebut, dana yang diperoleh dari PMTHMETD akan dipergunakan seluruhnya, yakni sebesar 100 persen sebagai modal kerja melalui pengembangan usaha dalam bentuk ekspansi kredit.

Manajemen juga menyampaikan, PT Victoria Investama Tbk. (VICO) sebagai pemegang saham pengendali dan pihak terafiliasi dengan perseroan merupakan salah satu calon investor yang bermaksud untuk mengambil bagian dalam PMTHMETD perseroan. Untuk diketahui, VICO menggenggam sebesar 43,59 persen saham.

“Selain VICO, belum ditentukan calon investor lainnya yang akan mengambil bagian dalam PMTHMETD ini,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

private placement bank victoria modal inti emiten bank
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top