Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BSI (BRIS) Salurkan Pembiayaan ke UMKM Rp39,4 Triliun pada 2021

Bank Syariah Indonesia 9BRIS) mencatat pembiayaan UMKM berkontribusi sekitar 23,05 persen dari total pembiayaan perseroan.
Karyawan Bank Syariah Indonesia menunjukkan uang di KC Jakarta Hasanudin, Jakarta, Selasa (2/2/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan Bank Syariah Indonesia menunjukkan uang di KC Jakarta Hasanudin, Jakarta, Selasa (2/2/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Genap berusia satu tahun, PT Bank Syariah Indonesia Tbk. atau BSI (BRIS) telah mencatatkan sejumlah pencapaian, khususnya dalam mendorong pertumbuhan segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Sepanjang 2021, emiten bank berkode BRIS ini telah menyalurkan pembiayaan ke segmen UMKM senilai Rp39,4 triliun secara nasional dengan kualitas yang terjaga. Nilai tersebut berkontribusi sekitar 23,05 persen dari total pembiayaan BSI.

Pada tahun lalu penyaluran pembiayaan BSI mencapai Rp171,29 triliun, naik 9,32 persen yoy. Rinciannya, pembiayaan konsumer mencapai Rp82,33 triliun, tumbuh sekitar 19,99 persen, disusul pembiayaan gadai emas yang meningkat sebesar 12,92 persen yoy.

Sementara itu, pembiayaan mikro tumbuh 12,77 persen dan pembiayaan komersial tumbuh 6,86 persen. Dari sisi kualitas, BSI mencatatkan non-performing financing (NPF) Nett sebesar 0,87 persen pada Desember 2021.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi menuturkan bahwa perseroan juga mewujudkan komitmen nyata dalam mengembangkan pelaku usaha mikro melalui BSI UMKM Center.

“Harapannya dapat memfasilitasi UMKM di daerah untuk pemasaran, pelatihan bersama serta ajang co-working space dan berbagi informasi sesama pelaku UMKM,” ujarnya dalam konferensi pers virtual paparan kinerja 2021, Rabu (2/2/2022).

Selain itu, BSI telah meluncurkan program Talenta Wirausaha BSI, program inkubator bagi para wirausahawan muda untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya.

Melalui program strategis tersebut, diharapkan wirausahawan muda mampu bertahan dan bersaing dengan beragam bisnis yang sudah mapan. Program ini menyasar generasi milenial dengan target 5.000 peserta dari 26 wilayah terpilih di Indonesia.

Dukungan BSI terhadap UMKM juga diimplementasikan dalam pengembangan platform per trade area, mengoptimalkan peran agregator dan reseller, hingga perluasan pasar serta peningkatan SDM.

BSI pun memberikan bantuan dana untuk UMKM melalui payung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) seperti program subsidi margin, subsidi KUR Super Mikro, serta sinergi dengan berbagai kementerian dan BUMN yang memiliki UMKM binaan berkualitas baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper