Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aset Bank BUMN Tembus Rp4.700 Triliun di 2021. Siapa Tumbuh Paling Tinggi?

Jumlah aset Bank BUMN mencapai Rp4.738 triliun pada 2021, tumbuh 7,6 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp4.403 triliun.
ATM Link. - ilustrasirnrn
ATM Link. - ilustrasirnrn

Bisnis.com, JAKARTA - Bank-bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mencatatkan pertumbuhan aset yang cukup signifikan pada 2021.

Tercatat ada empat bank anggota Himbara, yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Pada 2021, jumlah aset keempat bank tersebut mencapai Rp4.738 triliun. Nilai tersebut tumbuh 7,6 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp4.403 triliun.

Lantas, siapa yang mencetak pertumbuhan aset paling tinggi?

Dihimpun dari laporan keuangan masing-masing perusahaan, Bank Mandiri tercatat memiliki aset terbesar. Emiten bank dengan kode saham BMRI itu, memiliki total aset senilai Rp1.725 triliun pada 2021.

Pencapaian tersebut berhasil membawa Bank Mandiri menyalip total aset BRI yang berada di peringkat pertama pada tahun sebelumnya. Jika dibandingkan dengan aset pada akhir 2020 sebesar Rp1.541 triliun, maka total aset Bank Mandiri tumbuh 11,94 persen.

Selanjutnya, BNI mencatatkan pertumbuhan aset sebesar 8,19 persen secara tahunan pada 2021. BNI membukukan total aset sebesar Rp964 triliun pada tahun lalu, meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar RpRp891 triliun.

Berikutnya, BRI mencatatkan pertumbuhan aset sebesar 4,05 persen secara tahunan pada 2021. Total aset tahun lalu sebesar Rp1.678 triliun.

Terakhir, BTN membukukan pertumbuhan aset 2,77 persen secara tahunan pada 2021. Total aset BTN pada tahun lalu sebesar Rp371 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper