Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Mengatur Keuangan Sebelum dan Sesudah Lebaran

Simak 5 tips jitu mengatur keuangan sebelum dan sesuai Lebaran agar tak boncos.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 22 April 2022  |  16:22 WIB
5 Tips Mengatur Keuangan Sebelum dan Sesudah Lebaran
Ilustrasi mengatur keuangan atau financial planning - Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memasuki hari Lebaran, tentu merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat islam di berbagai penjuru dunia. Sebab, pada Hari Raya Idulfitri umat muslim merayakan kemenangan dan diharapkan bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi setalah berakhirnya bulan Ramadan.

Memasuki hari Lebaran, tentu ajang silaturahmi dengan sanak keluarga dan juga kerabat merupakan tradisi wajib yang ada ketika hari Lebaran tiba. Terlebih pada tahun ini pemerintah membolehkan masyarakat untuk melakukan mudik ke kampung halaman mereka masing-masing.

Ketika melakukan mudik dan membuka rumah untuk menjamu kerabat dan keluarga yang ingin bersilaturahmi, tentu Anda akan menyiapkan beberap makanan dan juga uang bagi anak dari sanak keluarga yang datang ke rumah Anda.

Lalu, tanpa disadari hal ini akan menyerap biaya yang terbilang cukup banyak. Terlebih, jika tidak dibarengi dengan kemampuan untuk mengelola keuangan yang baik dan benar, momen Lebaran bisa menjadi momen yang mengkhawatirkan untuk keuangan Anda.

Berikut 5 tips mengelola keuangan sebelum dan sesudah hari Lebaran dilansir dari Ternak Uang Academy pada Jumat (22/4/22) 

5 Tips Kelola Uang Sebelum dan Sesudah Lebaran

1. Tentukan Anggaran Hari Lebaran

Sebelum datangnya hari Lebaran, ada baiknya untuk memperinci anggaran yang akan dikeluarkan untuk hari Lebaran nanti. Misalnya anggaran untuk pulang kampung itu meliputi tiket pulang-pergi, biaya membeli bahan baku untuk menu Lebaran, membeli baju anak, menyisihkan angpau untuk keluarga, dan lain sebagainya.

Dengan adanya anggaran ini akan membantu Anda agar tidak over budget, dan membuat keuangan tidak menipis sehabis Idul Fitri.

2. Wajib Psahkan THR dan Gaji

Menjelang hari Lebaran, tentu para pekerja akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) yang berbeda dengan gaji mereka sendiri. Ketikan menerima uang THR, pastikan Anda tidak langsung jumawa dengan nominal yang terdapat di rekening tersebut dengan berfoya-foya. Sebab, pada saat menerima gaji plus THR pada lebaran nanti, Anda harus dapat memisahkan uang tersebut agar tidak terjadi pemborosan.

Untuk gaji, Anda tetap harus alokasikan ke kebutuhan bulanan dan pengeluaran rutin setiap bulan lewat uang gaji tersebut. Lalu, untuk THR Anda dapat gunakan untuk keperluan seputar Hari Raya nanti.

3. Persiapkan Dana Darurat

Mempersiapkan dana darurat merupakan kewajiban. Meskipun hari Lebaran hanya datang sebentar, namun menyiapkan dana darurat akan sangat penting di hari tersebut. Sebab, bisa jadi pengeluran yang kira perhitungkan meleset dan dana darurat dapat membantu untuk membantu keuangan pasca Lebaran.

4. Berbelanja Sesuai Kebutuhan

Momen Idul Fitri sering kali menjadi momen “kalap” belanja bagi sebagian orang. Mereka berpikir, karena ini hanya akan terjadi setahun sekali, jadi tak masalah membeli semua barang walaupun tidak terlalu penting.

Cara terbaik untuk menghindarinya adalah cek kembali anggaran yang sudah Anda susun, apakah kebutuhan yang dicatat itu memang dibutuhkan atau masih bisa dikesampingkan.

5. Belajar Keuangan

Ya, belajar masalah keuangan akan sangat berguna di hari Lebaran nanti. Bukan hanya Lebaran saja, tetapi juga berguna untuk hari hari lainnya. Dengan memiiliki dasar sistem keuangan yang baik, akan menjadikan dana atau uang yang masuk ke rekening Anda akan aman dan tidak terpakai secara sembrono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

financial planning lebaran idulfitri
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top