Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukungan BCA (BBCA) Bantu Kerek Omzet Goa Pindul, Tembus Ratusan Juta

Goa Pindul setelah mendapat dukungan program dari BCA, berhasil menggaet pengunjung 1.500 — 2.000 orang pada hari libur.
Gedung Bank BCA/Ilustrasi-Bisnis
Gedung Bank BCA/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Dukungan PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) untuk meningkatkan fasilitas objek obyek wisata Goa Pindul di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mampu mendorong peningkatan omset hingga menembus di angka Rp200 juta.

Untuk diketahui, Goa Pindul adalah obyek wisata alam susur sungai bawah tanah dengan aliran air di sepanjang lorong yang dikenal sebagai salah satu tempat wisata dengan kategori minat khusus di Jogja.

Goa Pindul merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Dusun Gelaran 2, Kelurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY.

Ketua Pengelola Wiraswasta Goa Pindul Ari Purnawan mengatakan emiten bersandi saham BBCA membantu renovasi berbagai hal, mulai dari pendopo hingga toilet. Selain itu, BCA juga membenahi fasilitas seperti pelampung yang akan dikenakan pengunjung saat menyusuri Goa Pindul.

Ari menyatakan Goa Pindul juga mengalami pertumbuhan pengunjung yang signifikan setelah BBCA membina Goa Pindul.

Sebelum pandemi, kata Ari, Goa Pindul setelah digandeng BCA menembus 1.500 — 2.000 pengunjung, terutama di acara-acara besar seperti libur Liburan dan Tahun Baru. Sedangkan, sebelum dibina BBCA hanya mendapatkan 300 - 500 pengunjung per hari.

"Omzet sebelum pandemi bisa mencapai ratusan juta, ya, sekitar Rp200 juta. Kalau sebelum digandeng [BCA] hanya Rp60 jutaan," ujar Ari di Goa Pindul, Yogyakarta, Jumat (19/8/2022).

Adapun, terakhir kali pasca pandemi dan diberlakukannya pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) saat Lebaran 2022, Ari mengungkapkan Goa Pindul sukses meraup Rp30 juta.

"Dalam sehari ada 500 orang datang, mayoritas mereka datang saat Lebaran 2022 dari Tangerang," ungkapnya.

Adapun, cara menyusuri Goa Pindul adalah dengan peralatan khusus, yaitu dengan menggunakan ban tubing dan jaket pelampung Goa Pindul memiliki panjang 350 meter yang terbagi menjadi 3 zona, yaitu zona terang, zona remang-remang, dan zona gelap abadi.

Terpisah, Executive Vice President of Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiwati mengaku senang dengan keberhasilan Goa Pindul memikat hati para pengunjung.

"Itu menjadi kebanggaan tersendiri, semoga dapat bertahan ke depannya," ucapnya.

BBCA optimistis tekad dari para pelaku wisata Goa Pindul dapat membuat wisata di kawasan Gunungkidul tersebut semakin dikenal banyak orang.

"Insya Allah, tekad kuat dan semangat dari para temen-temen di sana bisa meningkat lebih besar lagi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper