Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

CIMB Niaga (BNGA): Super App OCTO Mobile Setara Bank Digital

Secara operasional, semua fitur dan layanan yang disediakan OCTO Mobile milik CIMB Niaga sudah seperti bank digital, termasuk membuka rekening lewat aplikasi.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 29 November 2022  |  23:16 WIB
CIMB Niaga (BNGA): Super App OCTO Mobile Setara Bank Digital
Nasabah sedang melakukan transaksi pembayaran menggunakan Scan QRIS OCTO Mobile di LOTTE Mart Bintaro Jaya, Rabu (5/5/2021). - Dok. CIMB Niaga
Bagikan

Bisnis.com, UBUD - PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) belum berencana untuk memiliki bank digital karena sudah memiliki super app OCTO Mobile yang sudah mereka kembangkan sejak 2012 dengan kemampuan dan fitur layaknya bank digital. 

Head of Digital Banking, Branchless & Partnership CIMB Niaga Lusiana Saleh mengatakan manajemen belum berencana untuk mengubah OCTO Mobile yang awalnya bernama Go-Mobile ini menjadi sebuah bank digital terpisah.

“Secara operasional kami sudah seperti bank digital. Nasabah tidak perlu lagi ke cabang untuk buka tabungan walaupun kami punya cabang. Itu kan salah satu fitur dari bank digital ya, tidak perlu ke cabang,” kata Lusiana di Bali, Senin (29/11/2022). 

Fitur kedua, kata Lusiana, fitur transaksi yang banyak dilakukan di cabang, sudah bisa dilakukan di OCTO Mobile sehingga memang seperti bank digital. 

Dia mengatakan saat ini transaksi terbesar di OCTO Mobile masih didominasi oleh transfer uang. Dia tidak menyebutkan berapa tepatnya porsi transfer di OCTO Mobile. 

“Mungkin karena ada free 20x transfer. Transaksi tertinggi selanjutnya adalah top up e-wallet,” kata Lusiana. 

Pengalaman

Bisnis sempat mencoba OCTO Mobile. Dari sisi fitur, memang tidak ada beda dengan fitur-fitur yang terdapat di bank-bank lain yang mengklaim digital. 

Fitur transfer uang OCTO Mobile telah mengakomodir pengiriman uang antarbank, antarbank luar negeri dan lain sebagainya.

QR OCTO Mobile juga tidak hanya dapat digunakan untuk membayar di mitra-mitra CIMB Niaga, juga untuk menerima serta mengirim uang dari pengguna lain aplikasi mobile banking lainnya. 

Fitur Bill-payment OCTO Mobile telah mengakomodir berbagai macam pembayaran mulai dari tagihan lsitrik, pajak kendaraan, visa, dan lain sebagainya.  

OCTO Mobile juga memiliki fitur Cardless yang membuat nasabah dapat menarik uang di seluruh mesin ATM CIMB Niaga, Indomaret, dan Alfamart tanpa menggunakan kartu atau cukup lewat ponsel. 

Ada juga fitur investasi, yang membantu pengguna melakukan berbagai kegiatan investasi mulai dari membuka akun hingga bertransaksi dan lain sebagainya. 

Bukan hanya itu saja, OCTO Mobile juga memberikan keamanan yang baik bagi pengguna terutama saat ingin bertransaksi. 

Berbeda dengan aplikasi mobile lainnya yang harus memasukan nomor pin untuk transaksi, di OCTO Mobile pengguna hanya cukup memasukan dua dari enam nomor pin, yang disusun secara acak. 

OCTO Mobile juga memiliki rekening ponsel, yang fungsinya mirip dengan dompet digital, yang memudahkan nasabah dalam bertransaksi. 

Bisnis mencermati meski memiliki banyak fitur menarik yang tidak kalah dengan bank digital, terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan oleh CIMB Niaga. 

Loading time OCTO Mobile masih kurang cepat. Ada jeda waktu ketika pengguna ‘mengklik’ fitur hingga masuk ke dalam fitur tersebut. 

Selanjutnya, meskipun selera pengguna berbeda-berbeda, tampilan OCTO Mobile sepertinya perlu terus ditingkatkan sehingga dapat menghadirkan tampilan yang lebih menarik. 

Kemudian, dari sisi aksesibilitas, OCTO Mobile juga perlu lebih sederhana. Misalnya, untuk melakukan pembayaran QR lewat OCTO Mobile, pengguna harus melakukan tiga kali klik sebelum memasukan pin transaksi. 

Sementara itu beberapa aplikasi mobile milik kompetitor cukup melakukan dua kali klik sebelum memasukan pin transaksi. 

Beberapa diantaranya bahkan meletakan fitur pembayaran QRIS sejajar dengan halaman login. 

Dapat dipahami bahwa salah satu penyebab OCTO Mobile memiliki jumlah klik yang lebih banyak untuk QR, karena QR CIMB Niaga tidak hanya dapat digunakan untuk membayar, juga untuk mengirim dan menerima uang dari pengguna aplikasi mobile lainnya. 

CIMB Niaga mungkin dapat menyiasati jumlah klik dengan meletakan opsi menerima/mengirim uang lewat QR di bagian bawah layar pindai pembayaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cimb niaga Bank Digital Digitalisasi Perbankan
Editor : Wahyu Arifin
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top