Pelopori KUR Sistem Digital, Bank KB Bukopin Gandeng PT INTI Persero

Kerjasama dilakukan dalam bentuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat (“KUR”) kepada para pelaku UMKM khususnya petani dengan menggunakan media digital (Marketplace).
Foto: Pelopori KUR Sistem Digital, Bank KB Bukopin Gandeng PT INTI Persero
Foto: Pelopori KUR Sistem Digital, Bank KB Bukopin Gandeng PT INTI Persero

Bisnis.com, JAKARTA – Era baru PT Bank KB Bukopin Tbk (“KB Bukopin”) kembali terwujud melalui kerjasama dengan PT Industri Telekomunikasi Indonesia - Persero (“PT INTI”). Kerjasama dilakukan dalam bentuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat (“KUR”) kepada para pelaku UMKM khususnya petani dengan menggunakan media digital (Marketplace) melalui platform layanan Blockchain yang merupakan produk asli dalam negeri.

Penandatanganan kerjasama antara KB Bukopin dan PT INTI dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 20 Februari 2023 bertempat di Kantor Pusat KB Bukopin. Perwakilan Bank KB Bukopin dihadiri oleh Woo Yeul Lee selaku Direktur Utama, Robby Mondong selaku Wakil Direktur Utama, Helmi Fahrudin selaku Direktur Operasi, Yohanes Suhardi selaku Direktur Bisnis UMKM, Dewi Ekawati selaku Kepala Divisi Dukungan Produk dan Bisnis UMKM.

Sedangkan perwakilan dari PT INTI yaitu Edi Witjara selaku Direktur Utama, Dadang Geminar Suprayogi selakuu Project Director, Andriyanto selaku Executive General Manager Marketing and Sales, Rizqi Ayunda selaku Direktur PT Intens (Anak Perusahaan), dan Delvia Damayanti selaku VP Corporate Secretary.

Direktur Utama KB Bukopin Woo Yeul Lee menyampaikan “Kerjasama antara KB Bukopin dan PT INTI adalah sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah Indonesia dan para pelaku sektor UMKM khususnya petani melalui platform digital agar terbentuk sebuah ekosistem yang memudahkan para pelaku sektor UMKM untuk mengajukan pinjaman melalui platform sehingga memiliki usaha yang lebih berkembang. KB Bukopin akan selalu mengambil peran untuk berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional di Indonesia terutama dalam program pemerintah”.

Dengan terwujudnya kerjasama ini, KB Bukopin dapat dikatakan sebagai pelopor penyaluran KUR kepada para pelaku UMKM khususnya petani dengan menggunakan platform atau Marketplace di Indonesia.

Hal ini merupakan salah satu contoh digitalisasi perbankan yang dilakukan KB Bukopin dalam memberikan kemudahan dan kepastian bagi para pelaku UMKM dalam pemanfaatan optimalisasi dana KUR yang disalurkan.Sebagai informasi, pada tahun 2023 ini, KB Bukopin telah diberikan kepercayaan oleh pemerintah untuk penyaluran KUR dengan plafond sebesar Rp500 miliar.

Edi Witjara selaku Direktur Utama dari PT INTI menyampaikan bahwa “Ini merupakan kali pertama PT INTI menyalurkan KUR melalui platform digital Blockhain kepada para pelaku UMKM khususnya petani melalui Bank KB Bukopin dan kami berharap semoga kerjasama ini memiliki dampak positif bagi semua pihak”.

Tujuan dari penyaluran KUR dengan media digital (Marketplace) adalah untuk memudahkan pelaku sektor UMKM khususnya petani dalam penggunaan dana yang sudah didapatkan serta dapat menciptakan perluasan kerjasama bisnis sehingga memiliki unique value KB Bukopin di pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper