Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Perry Warjiyo Yakin Indonesia Jadi Negara Maju pada 2047, Mengapa?

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam fit & proper test di Komisi XI DPR RI.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 20 Maret 2023  |  13:46 WIB
Perry Warjiyo Yakin Indonesia Jadi Negara Maju pada 2047, Mengapa?
Perry Warjiyo memberikan keterangan usai fit and proper Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2023-2028 di gedung DPR RI, Senin (20/3/2023). JIBI - Annasa Rizki Kamalina

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam fit & proper test di Komisi XI DPR RI menyampaikan bahwa Indonesia diperkirakan menjadi negara maju pada 2047.

Perry mengatakan prospek perekonomian Indonesia diperkirakan terus membaik ke depan. Untuk jangka menengah, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan tetap kuat disertai dengan stabilitas yang terjaga.

“Pada 2025 kami perkirakan pertumbuhan ekonomi bisa naik kembali ke 4,9-5,7 persen, bahkan bisa lebih tinggi hingga pada 2028 mencapai 5,1-5,9 persen,” katanya, Senin (20/3/2023).

Sejalan dengan prospek perekonomian yang positif, laju inflasi di dalam negeri diperkirakan tetap rendah pada kisaran 1,5 hingga 3,5 persen.

Laju inflasi yang terkendali ini kata Perry akan didukung oleh kenaikan kapasitas produksi nasional dalam memenuhi kenaikan permintaan agregat.

Lebih lanjut, Perry memperkirakan transaksi berjalan akan tetap terkendali sehingga dapat menopang stabilitas nilai tukar rupiah, kenaikan cadangan devisa, dan ketahanan sektor eksternal Indonesia.

Dengan berbagai perkembangan tersebut, Perry menyatakan bahwa BI akan terus mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kapasitas ekonomi, baik pembangunan infrastruktur, hilirisasi industri dan ekspor, reformasi struktural, hingga digitalisasi ekonomi maupun SDM.

“Secara keseluruhan, dengan lintasan prospek tersebut, Indonesia diperkirakan mampu menjadi negara maju berpendapatan tinggi pada 2047,” kata Perry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia perry warjiyo dpr
Editor : Pandu Gumilar

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top