Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jajaran Direksi dan Komisaris Asuransi Milik Grup Salim (AHAP) Mundur Berjamaah

PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk. (AHAP) yang dimiliki Kelompok Salim telah mengumumkan agenda RUPS pergantian direksi dan komisaris.
PT Asuransi Harta Aman Pratama (AHAP) didirikan pada 28 Mei 1982./Istimewa
PT Asuransi Harta Aman Pratama (AHAP) didirikan pada 28 Mei 1982./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Manajemen PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk. (AHAP) atau Harta General Insurance mengumumkan pengunduran diri anggota direksi dan dewan komisaris.

AHAP adalah salah satu perusahaan asuransi umum dalam konglomerasi Grup Salim. Perinciannya, cracy rich Anthony Salim memiliki perusahaan ini melalui PT Asuransi Central Asia (ACA Insurance) dengan kepemilikan 62,57 persen, selanjutnya perusahaan dimiliki oleh Sendra Gunawan (12,83 persen), sedangkan sisanya dimiliki oleh Masyarakat (24,61 persen). 

Asuransi ACA dimiliki langsung oleh pengendali kelompok Salim, Anthoni Salim dengan kepemilikan 33 persen, PT Asian International Investindo (32 persen), PT Lintas Sejahtera Langgeng (18,93 persen), Raymond Salim (2,51 persen), Teddy Salim (2,51 persen), Aylen Salim (2,51 persen), Renny Salim (2,51 persen), Sjerra (Sherra) Salim (2,51 persen), Brenda Salim (2,51 persen), Ahli Waris Almarhumah Sri Rahayu Kartorahardjo (0,62 persen), dan Dharmawan Gozali (0,40 persen). 

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Harta General Insurance Sutjianta menyampaikan bahwa sebanyak enam manajemen AHAP mengundurkan diri pada 15 dan 16 Mei 2023.

Rinciannya, sebanyak empat anggota direksi Harta General Insurance mengundurkan diri. Mereka di antaranya Roy Sugihardja Wiradharma sebagai Direktur Utama, Dwi Wahyuni sebagai Direktur, Rinawati sebagai Direktur, dan Alamsyah sebagai Direktur.

Adapun dua manajemen AHAP lainnya yang mengundurkan diri berasal dari anggota dewan komisaris, yaitu Budi Santoso Tanuwibowo sebagai Komisaris Independen dan Bambang Heryanto sebagai Komisaris Independen.

“Atas pengunduran diri Anggota Direksi dan Anggota Dewan Komisaris berikut persetujuan perubahan susunan anggota direksi dan anggota dewan komisaris yang baru akan dimintakan persetujuan pada Rapat Umum Pemegang Saham [RUPS] tanggal 7 Juni 2023,” jelas Sutjianta dikutip dari keterbukaan informasi, Kamis (18/5/2023).

Adapun dalam pengumuman yang terpisah, emiten asuransi umum yang melantai di Bursa dengan kode saham AHAP itu akan melaksanakan RUPS Tahunan (RUPST) pada 7 Juni 2023 mulai pukul 14.00 - 16.00 WIB. Nantinya, rapat akan dihelat di Wisma 46 (Function Hall) Lantai 3, Jakarta Pusat.

Salah satu mata acara yang akan dibahas dalam RUPST AHAP adalah meminta persetujuan perubahan susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Harta General Insurance.

Selain itu, rapat juga akan meminta restu atas laporan tahunan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022 dan penetapan Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk mengaudit laporan keuangan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023.

Selanjutnya, RUPST AHAP juga akan meminta persetujuan penetapan gaji dan tunjangan direksi, honorarium dan tunjangan Dewan Komisaris Harta General Insurance.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper