Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siasat Bank Danamon (BDMN) Genjot Bisnis Konsumer: Gelar Program Undian Berhadiah hingga Akuisisi

Bank Danamon semakin gencar menggenjot bisnis konsumer sepanjang tahun ini.
Karyawan melayani nasabah di salah satu cabang Bank Danamon di Jakarta, Selasa (22/2/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani nasabah di salah satu cabang Bank Danamon di Jakarta, Selasa (22/2/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN) gencar menggenjot bisnis konsumernya tahun ini melalui berbagai strategi, diantaranya menggelar program undian berhadiah hingga akuisisi bisnis milik bank asing di Indonesia. 

Consumer Funding Business Head Bank Danamon Ivan Jaya mengatakan bisnis konsumer merupakan salah satu bentuk usaha yang mencatatkan pertumbuhan pesat di Bank Danamon. Per kuartal I/2023, penyaluran kredit konsumer meningkat 24 persen secara tahunan (year on year/yoy) mencapai Rp13,39 triliun. 

Namun, porsi kredit konsumer di Bank Danamon hanya mencapai 9 persen terhadap keseluruhan nilai kredit yang mencapai Rp151,81 triliun pada kuartal I/2023.

Bank Danamon pun gencar menggenjot bisnis konsumernya tahun ini. Dalam kerangka strategi pertumbuhan jangka panjangnya, Bank Danamon berfokus pada pertumbuhan basis nasabah consumer banking secara organik dan berkelanjutan.

“Melalui pertumbuhan bisnis consumer banking yang berkelanjutan, Danamon ingin mewujudkan aspirasi untuk terus tumbuh bersama nasabah dengan menghadirkan berbagai solusi keuangan yang sesuai dengan setiap tahap dalam kehidupan mereka,” ujar Ivan dalam keterangan tertulis pada Jumat (16/6/2023).

Diantara strategi Bank Danamon dalam menggenjot bisnis konsumer adalah strategi organik melalui gelaran program berhadiah. Tahun ini, emiten bank berkode BDMN itu memang menggelar program tabungan inovatif bertajuk "Danamon Hadiah Beruntun". Program tersebut digelar secara beruntun hingga September 2023. 

Melalui program tersebut, setiap nasabah memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik secara berulang, mulai dari cashback setiap bulan, hadiah per tiga bulan yang diundi di 12 wilayah berbeda, hingga hadiah utama berupa mobil Tesla Model 3 dan Mercedes-Benz C 200. Hadiah utama akan diundi pada akhir periode program. 

Selain itu, Bank Danamon membuka diri dengan pertumbuhan secara anorganik, seperti akuisisi portofolio ritel konvensional milik Standard Chartered Bank Indonesia (SCBI). Pada April 2023, Bank Danamon dan SCBI telah menandatangani perjanjian pengalihan sejumlah portofolio kreditnya.

Adapun, pengalihan tersebut terdiri dari portofolio konvensional kartu kredit, kredit perorangan (personal loan), kredit pemilikan rumah (mortgage), dan auto loan.

Strategi lainnya, Bank Danamon terus mengembangkan basis nasabahnya dengan bentuk investasi berkelanjutan pada branding, pengembangan sumber daya manusia, infrastruktur teknologi informasi, dan meningkatkan kepercayaan nasabah. Investasi juga dilakukan dengan melakukan transformasi di beberapa kantor cabang Bank Danamon di berbagai kota dan wilayah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper