Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbankan Gencar Beri Kredit Hijau pada Paruh Pertama 2023

Sejumlah bank gencar menyalurkan kredit hijau sepanjang semester I/2023.
Pegawai merapikan uang Rupiah di kantor cabang BNI, Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai merapikan uang Rupiah di kantor cabang BNI, Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah perbankan bergeliat menyalurkan kredit hijau seiring dengan besarnya potensi pasar dan dukungan dari regulator.

PT Bank BTPN Tbk. (BTPN) misalnya sedang bergeliat menyasar pasar kredit hijau di Indonesia dan telah mencatatkan portofolio Rp7,63 triliun hingga Juni 2023.

Direktur Utama Bank BTPN Henoch Munandar mengatakan di antara kredit hijau itu, senilai Rp1,11 triliun telah disalurkan BTPN bagi energi terbarukan.

"BTPN melalui support SMBC [Sumitomo Mitsui Banking Corporation] aktif negosiasi dalam proses transisi. Pembangunan office building hijau kita biayai, dengan PLN ada program transisi," ujar Henoch dalam kunjungannya di Wisma Bisnis Indonesia pada Senin (14/8/2023).

Head of Wholesale, Commercial and Transaction Banking Bank BTPN Nathan Christianto juga mengatakan ke depan, Bank BTPN terus menggodok skema pembiayaan untuk energi terbarukan, di antara kredit kepada energi terbarukan yang disalurkan Bank BTPN yakni pembangunan Waduk Cirata sebesar Rp1,4 triliun. Bank BTPN juga berkerja sama dengan PLN untuk melakukan transformasi energi.

"Bank BTPN juga dijadikan pilot project taksonomi hijau OJK [Otoritas Jasa Keuangan], itu berkesinambungan dengan pilot lainnya. Kemudian ini akan berlanjut ke carbon trading," ujarnya. 

Kemudian, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) BCA telah menyalurkan kredit hijau sebesar Rp71 triliun hingga Juni 2023. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan kredit hijau BCA tersalurkan untuk sumber daya alam dan penggunaan lahan yang berkelanjutan hingga kendaraan berkelanjutan. "BCA konsisten mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik," kata Jahja dalam paparan kinerja pada beberapa waktu lalu.

BCA telah menyalurkan pembiayaan konsumsi untuk kendaraan bermotor listrik sebesar Rp751 miliar per Juni 2023, tumbuh 44 kali lipat secara tahunan (year on year/yoy).

BCA juga terus memberi dukungan untuk ekonomi sirkular dan terus memperluas inisiatif baru berupa daur ulang limbah elektronik. Jahja mengatakan total limbah operasional yang dikelola BCA mencapai 266 ton per semester I/2023.

Sebelumnya, Direktur Keuangan BCA Vera Eve Lim mengatakan BCA menjalankan penyaluran pembiayaan hijau dari hulu ke hilir. Segmen yang mendapatkan penyaluran pembiayaan hijau ini juga tidak mesti dari korporasi seperti sektor energi atau industri kendaraan listrik, tetapi bisa di segmen konsumer.

"Misalnya KPR [kredit pemilikan rumah] kita biayai, ini agar rumahnya memakai solar panel, sumber airnya juga dikelola dengan baik. Jadi, pelaku usaha dengan perbankan harusnya hand in hand," katanya dalam acara Green Economic Forum 2023, pada Mei lalu (22/5/2023).

PT Bank Mandiri (persero) Tbk. (BMRI) telah mencatatkan portofolio kredit hijau sebesar Rp115 triliun atau 11,7 persen dari total portofolio kredit keseluruhan Bank Mandiri per Juni 2023. Kredit hijau Bank Mandiri tersalurkan untuk energi terbarukan Rp8,9 triliun hingga clean transportation Rp3,2 triliun.

“Pembiayaan hijau atau green financing ini telah diarahkan untuk fokus ke sektor berkelanjutan, seperti sektor perkebunan yang telah tersertifikasi ISPO atau RSPO, energi baru dan terbarukan seperti pembangkit listrik bertenaga hydro, geothermal, transportasi, hingga ekosistem kendaraan listrik dari hulu ke hilir,” jelas Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

Selain itu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) menyalurkan kredit hijau seperti untuk pencegahan polusi Rp2,9 triliun hingga energi terbarukan Rp9,7 triliun. BNI juga menyalurkan kredit kepada segmen pengelolaan sumber daya alam hayati dan penggunaan lahan yang berwawasan lingkungan sebesar Rp18,9 triliun per Juni 2023.

PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) juga menyalurkan kredit berkelanjutan termasuk kredit hijau sebesar Rp51,5 triliun atau 25 persen terhadap porsi keseluruhan kreditnya pada Juni 2023. Di antara kredit hijau yang disalurkan BNGA adalah untuk lahan berkelanjutan dan biodiversitas, kendaraan berkelanjutan, hingga green building.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper