Harpelnas 2023: BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Kemudahan Layanan

BPJS Ketenagakerjaan kian menegaskan komitmennya dalam memberikan layanan yang modern dan mudah diakses oleh seluruh peserta.
Foto: Harpelnas 2023: BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Kemudahan Layanan
Foto: Harpelnas 2023: BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Kemudahan Layanan

Bisnis.com, AMBON - Hari pelanggan nasional yang diperingati setiap tanggal 4 September selalu menjadi momentum khusus bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk mempererat hubungan dengan para peserta. Kali ini dengan mengusung tema “Kemudahan Layanan, Prioritas Kami”, BPJS Ketenagakerjaan kian menegaskan komitmennya dalam memberikan layanan yang modern dan mudah diakses oleh seluruh peserta.

Di hari yang spesial ini Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Roswita Nilakurnia turun langsung ke Kantor Cabang Maluku untuk menyapa dan melayani peserta, sekaligus memastikan seluruhnya telah merasakan kemudahan layanan yang diberikan BPJS ketenagakerjaan. 

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si dan Pj. Wali Kota Ambon yang diwakili oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Ir. Steiven Bernhard Patty, M.Si.

“Pertama-tama saya mengucapkan selamat hari pelanggan nasional kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hari ini kami hadir lebih dekat dengan para peserta untuk memastikan bahwa mereka benar-benar bisa merasakan kemudahan layanan yang kami berikan. Selain itu kami juga ingin mendengar masukan dari peserta agar kedepan layanan BPJS Ketenagakerjaan semakin sempurna dan sesuai kebutuhan mereka,”ujar Roswita. 

Lebih lanjut Roswita menjelaskan bahwa untuk menjawab kebutuhan para peserta terkait layanan informasi, pendaftaran dan pembayaran iuran, hingga klaim manfaat, BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan simplifikasi dan optimalisasi layanan fisik dan digital.  

Pihaknya menyebut, saat ini seluruh kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan hadir dengan konsep ruang layanan baru yang lebih nyaman dan hangat, serta ramah disabilitas. Selain itu di sektor digital BPJS Ketenagakerjaan telah memiliki kanal Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) dan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang kini menjadi favorit para peserta karena memudahkan mereka mengakses manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan yang dapat diakses kapan dan di mana saja, salah satunya adalah klaim Jaminan Hari Tua.

“Hingga semester I tahun 2023 kami telah membayarkan 2 juta klaim dengan nilai manfaat mencapai Rp25,5 triliun. Jumlah klaim tersebut meningkat 16 persen dari tahun sebelumnya, dan untuk nominal pembayaran manfaat meningkat 3 persen. Lewat beragam kemudahan layanan yang kami berikan ini berhasil membuktikan bahwa untuk layanan JHT dapat mencapai succes rate 99,88 persen, yang artinya hampir seluruh klaim kami bayarkan, tepat waktu”imbuh Roswita. 

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si  memberikan apresiasinya atas kecepatan layanan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan. Pihaknya turut mendorong seluruh masyarakat pekerja di wilayah Provinsi Maluku untuk memaksimalkan layanan tersebut. 

"Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku kami memberikan apresiasi terhadap jajaran BPJS (Ketenagakerjaan) dengan hari ini kita merayakan Hari Pelanggan Nasional. Tadi kita lihat pola proses klaim jaminan begitu cepat. Ini sebagai wujud perlindungan terhadap Ketenagakerjaan dan saya himbau kepada seluruh masyarakat terutama yang bekerja untuk memanfaatkan jaminan BPJS (Ketenagakerjaan) ini dengan maksimal," ujar Sadali. 

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan manfaat program serta beasiswa pendidikan kepada 4 orang ahli waris peserta yang meninggal dunia dengan total sebesar Rp766 juta rupiah. 

Harpelnas 2023: BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Kemudahan Layanan

Azwan Syahputra, salah seorang anak peserta yang mendapatkan manfaat beasiswa mengucapkan rasa terima kasihnya karena bisa melanjutkan sekolah pasca ditinggal ayahnya yang merupakan tulang punggung keluarga. 

"Terima kasih banyak BPJS Ketenagakerjaan karena beasiswa ini membuat saya bisa tetap sekolah," ucap Azwan. 

Sekaligus menutup kunjungannya tersebut Roswita mengajak seluruh peserta untuk selalu memastikan diri dan orang-orang terdekat untuk terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan agar bisa Kerja Keras Bebas Cemas. Pihaknya juga memastikan BPJS Ketenagakerjaan selalu siap melayani peserta dengan prima dan sepenuh hati. 

“Sekali lagi, selamat Hari Pelanggan Nasional tahun 2023, semoga dengan beragam kemudahan layanan yang kami berikan ini, hubungan peserta akan semakin erat dengan BPJS Ketenagakerjaan dan berujung pada kesadaran diri yang tinggi untuk memastikan diri dan seluruh orang-orang terdekatnya sudah terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan,”tutup Roswita. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper