Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIMB Niaga Rilis Kartu Kredit Digital Syariah Pertama, Incar Tumbuh 300%

Peluncuran Octo Card Syariah untuk menjawab kebutuhan komunitas anak muda, khususnya dari kalangan digital savvy.
CIMB Niaga Syariah luncurkan OCTO Card Syariah di Jakarta, Kamis (19/10/2023)/dok. CIMB Niaga
CIMB Niaga Syariah luncurkan OCTO Card Syariah di Jakarta, Kamis (19/10/2023)/dok. CIMB Niaga

Bisnis.com, JAKARTA -- Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk. berkolaborasi dengan PT Mastercard Indonesia (Mastercard) meluncurkan produk kartu pembiayaan digital syariah pertama di Indonesia bernama “OCTO Card Syariah”.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan peluncuran ini untuk menjawab kebutuhan komunitas anak muda, khususnya dari kalangan digital savvy yang menginginkan layanan transaksi serba praktis, cepat, aman, dan ramah lingkungan. Bahkan, dirinya menargetkan pertumbuhan atas produk ini mencapai 300%.

"Untuk saat ini kartu pembiayaan syariah [fisik] mencapai 650.000 pengguna, sementara jika dibandingkan dengan kartu kredit konvensional sekitar 5 juta pengguna. Sehingga, misal setengah [pengguna kartu kredit konvensional] punya syariah aja, pasti akan tumbuh ekponensial hingga dua tiga kali lipat lewat program bundling," ujarnya dalam Peluncuran OCTO Card Syariah, Kamis (19/10/2023). 

Head of Credit Card Merchant & Personal Financing Business CIMB Niaga Trisna L. M. Siahaan pun membenarkan hal ini, di mana tercatat pengguna kartu kredit konvensional CIMB Niaga sudah mencapai lebih dari 2,5 juta sepanjang 2023, konsep bundling pun menjadi solusi untuk mempercepat pertumbuhan kartu pembiayaan digital syariah. 

"Misal mastercard syariah yang plastik nih, dia mau apply digital itu bisa. Atau misal dia konvensional mau OCTO Card Syariah itu juga oke," sebutnya. 

Kala disinggung soal efisiensi, wanita yang kerap disapa Nina menyebut, tentu ini membawa dampak yang positif bagi perbankan, karena cost yang harusnya dikeluarkan bisa ditekan. 

"Digitalisasi ini menjadi investasi, tapi untuk penyusutannya belum kelihatan, karena pengguna kartu kredit kan terus growng," ujarnya pada Bisnis.

Sebagai informasi, nantinya melalui OCTO Card Syariah, produk ini akan terintegrasi dengan aplikasi digital banking OCTO Mobile, dan nasabah dapat melakukan beragam transaksi baik di merchant online maupun offline

Selain itu, beragam keuntungan juga bisa dinikmati nasabah, antara lain bebas ijarah fee atau iuran tahunan, kemudahan transaksi menggunakan metode pembayaran Scan QRIS, dan memberikan reward Poin Xtra untuk setiap transaksi ritel.

Lebih lanjut,  Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara menyebut, nasabah dapat mengoptimalkan OCTO Card Syariah untuk memenuhi kebutuhan secara lebih hemat, dengan memanfaatkan cashback 10% untuk transaksi melalui OCTO Mobile dan belanja online (kecuali hotel, airlines, serta tour & travel).

Tak hanya itu, transaksi menggunakan OCTO Card Syariah juga makin menguntungkan karena nasabah dapat mengubah transaksi ritel senilai minimal Rp300.000 menjadi cicilan 0% untuk tenor 3 bulan melalui OCTO Mobile.

Lalu, bagi Pandji, kehadiran OCTO Card Syariah diharapkan dapat terus memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai salah satu bank dengan pengguna kartu syariah terbesar di Indonesia, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah.

Berdasarkan laporan keuangan periode 30 Juni 2023, total aset UUS CIMB Niaga memang saat ini sebesar Rp 66,14 triliun. Kinerja aset ditopang oleh pembiayaan yang mencapai Rp53 triliun, naik 25,3 persen yoy. Sementara dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp44,5 triliun, tumbuh 20,4 persen yoy. 

Bahkan, dirinya menuturkan hal yang membuat CIMB Syariah cukup besar karena pihaknya tak pernah absen bekerja sama dengan konvensional. 

"Semua aktivitas di CIMB Niaga yang dilakukan di konvensional itu untuk pengembangan produk syariah juga. Jadi di CIMB Niaga itu kami ada dua responsibility, untuk memajukan syariah dan konvensional," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, President Director PT Mastercard Indonesia Aileen Goh mengatakan kartu ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan pilihan transaksi non-tunai yang sesuai dengan gaya hidup digital-first, bahkan bisa manfaatkan untuk bertransaksi di luar negeri. 

"Kerja sama ini juga merupakan langkah selanjutnya dalam kemitraan jangka panjang antara Mastercard dan CIMB Niaga Syariah untuk memberikan pengalaman pembayaran yang nyaman dan aman kepada para pemegang kartu di Indonesia," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper