Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Beri 5 Resep Resolusi Keuangan Anti Gagal

OJK membagikan 5 tips agar resolusi keuangan berhasil mulai dari menyusun rencana keuangan hingga catat semua pengeluaran
Tips Keuangan. /Bisnis.com
Tips Keuangan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap bahwa lebih dari 50% resolusi keuangan gagal pada 2 bulan pertama. Untuk itu, penting untuk memiliki resep resolusi keuangan agar resolusi keuangan tercapai.

Mengutip dari akun Instagram resmi @ojkindonesia, Minggu (7/1/2023), OJK menyampaikan ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Pertama, susun perencanaan keuangan. Untuk langkah pertama, masyarakat haru membuat perencanaan keuangan berdasarkan prioritas. Dalam hal ini, kebutuhan pokok wajib didahulukan.

Kedua, siapkan dana darurat. Dengan menyiapkan dana darurat, maka tidak mempengaruhi kestabilan keuangan saat kebutuhan mendesak.

Ketiga, buat rancangan resolusi keuangan. Buatlah rancangannya resolusi keuangan jangka panjang, seperti asuransi dan investasi.

Keempat, hindari fear of missing out (FOMO) agar saldo rekening tidak terkuras. “Bedakan mana hal yang penting dan mendesak, serta mana hal yang penting tapi tidak mendesak,” jelas OJK.

Resep resolusi keuangan yang kelima adalah catat setiap pengeluaran agar tidak boncos.

Sebelumnya, Financial Planner Rista Zwestika juga menyampaikan ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar resolusi keuangan 2024 terealisasi, salah satunya dengan menetapkan tujuan keuangan yang jelas dan realistis.

“Apa yang ingin kamu capai dengan resolusi keuangan? Apakah ingin memiliki dana darurat, melunasi utang, atau berinvestasi? Setelah tujuan jelas, kamu bisa mulai menyusun rencana untuk mencapainya,” ujar Rista kepada Bisnis, Kamis (4/1/2024).

Kemudian, masyarakat juga perlu membuat anggaran keuangan. Rista menjelaskan bahwa anggaran merupakan alat yang penting untuk mengelola keuangan.

“Dengan anggaran, kamu dapat melacak pemasukan dan pengeluaran, sehingga kamu dapat melihat di mana uangmu pergi dan di bagian mana dapat menghemat,” jelasnya.

Rista juga mengingatkan agar resolusi keuangan tercapai maka diperlukan juga konsisten dalam menabung. Sebab, menabung adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kondisi keuangan.

Untuk itu, lanjut Rista, tetapkan tujuan tabungan dan sisihkan sejumlah uang dari pemasukan setiap bulannya. Setelah membuat anggaran hingga konsisten menabung, Rista mengingatkan agar masyarakat juga perlu mengelola utang dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper