Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belum Sepaham, Asosiasi BPR Minta OJK Tunda Standar Akuntansi Entitas Privat

Asosiasi Bank Perekonomian Rakyat (BPR) meminta OJK menunda pemberlakukan standar akuntansi yang baru kepada perusahaan di mana mestinya efektif 1 Januari 2025.
Logo BPR/Perbarindo
Logo BPR/Perbarindo

Bisnis.com, JAKARTA -- Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia (Perbarindo) meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunda penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Privat (SAK EP).

Ketua umum DPP Perbarindo Teddy Alamsyah mengatakan pihaknya menilai sosialisasi dan kesepahaman di internal OJK maupun Bank Perekonomian Rakyat terkait SAK EP belum sepenuhnya selaras.

Apalagi pedoman akuntansi (PA) BPR sampai saat ini belum siap dan masih memerlukan stress test untuk hal ini. Teddy juga menyoroti cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN). Dia berpendapat tidak boleh ada penundaan pembayaran dengan CKPN ini.

“Ketika terjadi penundaan pembayaran, prinsip paling dasar adalah harus dibentuk cadangan penurunan kerugian nilai,” ujar Teddy dalam keterangan yang dilansir Antara, Jumat (19/1/2024).

Apalagi, SAK EP akan membuat sistem inti di BPR harus terlebih dahulu dilakukan perubahan. “Asosiasi sudah menyampaikan kepada regulator untuk menunda penerapan SAK EP. Alasannya, harus ada perubahan core banking system karena SAK EP tidak mungkin dilakukan secara manual,” kata Teddy.

SAK EP merupakan hasil adopsi dari IFRS for SMEs dengan mempertimbangkan kondisi Indonesia untuk menggantikan SAK Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP). SAK EP rencananya berlaku efektif per 1 Januari 2025.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jabodebek dan Provinsi Banten Roberto Akyuwen mengatakan, dari sisi core banking system, tantangan yang ada saat ini yaitu proses bisnis belum seluruhnya terotomasi. Di samping itu, juga ada tantangan perbedaan kapasitas vendor CBS BPR dan ketersediaan data.

Tantangan lainnya yaitu kesiapan sumber daya manusia (SDM) BPR, terutama bagian akuntansi dan teknologi sistem informasi, dalam menerapkan SAK EP.

Lini masa persiapan BPR mulai dari awal 2023 hingga Juni 2023, lalu dilanjutkan dengan GAP Analysis. Hingga Juni 2024, analisis akhir dan finalisasi dan prosedur. Selanjutnya, paralel run hingga implementasi penuh pada 2025.

“Perlu dilakukan uji coba di masing-masing BPR,” kata Roberto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper