Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Bank dengan Bunga Deposito Kompetitif untuk Simpan THR, Permata hingga Panin

Beberapa bank yang menawarkan deposito dengan bunga kompetitif dan tetap aman karena dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Bank Permata dan Panin diantaranya
Ilustrasi simpanan di bank. /Freepik
Ilustrasi simpanan di bank. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA -- Tunjangan hari raya (THR) bisa disimpan untuk kebutuhan masa depan, termasuk di produk deposito perbankan. Terdapat bank yang menawarkan deposito dengan bunga kompetitif dan tetap aman karena dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Diantaranya adalah Bank Permata dan Bank Panin

Berdasarkan sikapiuangmu.ojk.go.id, deposito merupakan produk investasi dari perbankan dengan tingkat pengembalian atau bunga yang lebih tinggi ketimbang dengan tabungan.

Meski menawarkan suku bunga tinggi, nasabah tidak bisa sesuka hati mengambil dana. Deposito hanya bisa dicairkan dalam jangka waktu tertentu dan ada pengenaan pinalti jika dicairkan sebelum jatuh tempo.

Terdapat deretan bank yang menawarkan bunga deposito tinggi hingga 9% kepada nasabahnya. Kebanyakan dari bank pemberi bunga deposito tinggi adalah bank digital.

Akan tetapi, penawaran bunga itu di atas ketentuan penjaminan. Dalam hal ini, LPS telah menetapkan tingkat bunga penjaminan bank umum, valuta asing (valas), dan bank perekonomian rakyat (BPR) masing-masing sebesar 4,25%, 2,25%, dan 6,75% yang berlaku sejak 1 Februari 2024 hingga 31 Mei 2024.

Artinya, nasabah yang mendapatkan bunga deposito di atas bunga penjaminan tersebut, nasib simpanannya tidak dijamin.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae mengatakan atas penerapan bunga tinggi di atas bunga penjaminan itu, bank sebenarnya memiliki strategi dan risk appetite masing-masing. "Namun, OJK juga senantiasa mendorong penerapan perlindungan nasabah," ujarnya dalam jawaban tertulis pada beberapa waktu lalu.

Otoritas tidak melarang penerapan bunga simpanan di atas bunga penjaminan. Namun, bank mesti memberikan transparansi dan informasi kepada nasabah apabila bunga yang diberikan tidak dijamin.

Di sisi lain, terdapat deretan bank yang masih menawarkan bunga deposito tinggi kepada nasabah dan tetap dalam batas penjaminan LPS. Berikut penawaran bunga deposito di sejumlah bank:

1. Bank Permata

PT Bank Permata Tbk. (BNLI) memiliki produk deposito bernama PermataDeposito. Adapun, untuk deposito rupiah terdapat penawaran bunga 2,25% hingga 4,25% dengan pembukaan melalui platform PermataMobile X. 

2. Bank JTrust

PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (BCIC) menawarkan bunga deposito rupiah paling kecil 3,5% untuk tenor 1 bulan dengan saldo Rp8 juta hingga Rp250 juta. Adapun, bunga tertinggi di level 4,25%.

3. Bank Panin

PT Bank Panin Tbk. (PNBN) menawarkan bunga deposito paling kecil 2,75% untuk tenor hanya 7 hari. Terdapat bunga deposito tertinggi 4,25% untuk tenor 1 bulan.

4. Bank Woori Saudara

PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. (SDRA) menawarkan bunga deposito paling kecil 4% untuk tenor 1 bulan. Lalu, terdapat pula penawaran bunga deposito 4,1% untuk tenor 3 bulan.

5. Bank Ina

PT Bank Ina Perdana Tbk. (BINA) menawarkan bunga deposito paling kecil 3% untuk tenor 13 bulan. Lalu, bunga deposito tertinggi yakni 4% untuk tenor 1 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper