Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lippo Insurance Genjot Asuransi Perjalanan Domestik

Bisnis.com, JAKARTA— PT Lippo General Insurance Tbk mulai memasuki bisnis asuransi perjalanan domestik di tengah minimnya kompetitor. Chief Commercial Officer Lippo Insurance Nefri mengatakan sebelumnya perusahaan hanya menawarkan asuransi untuk

Bisnis.com, JAKARTA— PT Lippo General Insurance Tbk mulai memasuki bisnis asuransi perjalanan domestik di tengah minimnya kompetitor.

Chief Commercial Officer Lippo Insurance Nefri mengatakan sebelumnya perusahaan hanya menawarkan asuransi untuk perjalanan ke luar negeri.

“Pemain asuransi perjalanan domestik sedikit, tapi pangsa pasarnya lebih banyak,” katanya di sela Garuda Indonesia Travel Fair, Jumat (13/9/2013).

Mengingat premi asuransi perjalanan terbilang kecil, kontribusi lini bisnis tersebut terhadap total premi yang diraih perusahaan masih minim. Dari sisi jumlah polis, kontribusi lini bisnis asuransi perjalanan masih dibawah 5% terhadap total polis nasabah ritel.

Dengan adanya asuransi perjalanan domestik, diharapkan total polis asuransi perjalanan dalam enam bulan ke depan dapat mencapai 5%-10% dari total jumlah polis nasabah ritel.

Hingga Juni 2013, jumlah polis nasabah ritel di luar asuransi kesehatan mencapai 10.000 - 20.000, termasuk didalamnya polis asuransi perjalanan. Sementara jumlah polis nasabah ritel untuk asuransi kesehatan mencapai sekitar 900.

Lippo Insurance mulai menggarap asuransi perjalanan domestik pada September 2013. Asuransi perjalanan domestik ini akan melindungi nasabah dari berbagai risiko ketidaknyamanan perjalanan seperti kecelakaan, kehilangan bagasi, penundaan (delay) dan sebagainya. Untuk premi, nasabah cukup membayar Rp20.000 - Rp100.000 dengan lama perjalanan 1 - 31 hari.

Saat menawarkan asuransi perjalanan luar negeri, Lippo Insurance hanya mengandalkan jalur distribusi melalui travel agent. Sementara dengan adanya asuransi perjalanan domestik, perusahaan akan mulai menjajaki jalur distribusi melalui tour guide hingga bancassurance.

Perusahaan ini akan terus mendorong jumlah polis asuransi perjalanan domestik dengan menggaet lebih banyak travel agent dan tour guide. Sementara untuk jalur distribusi melalui bank, perusahaan akan memanfaatkan secara maksimal bank yang sudah bekerjasama sebelumnya.

Saat ini terdapat lima travel agent besar yang bekerjasama untuk memasarkan asuransi perjalanan domestik. Hingga enam bulan ke depan, Lippo Insurance berupaya dapat menggaet sepuluh travel agent lagi.

Menurutnya, minimnya perusahaan yang menawarkan asuransi perjalanan domestik karena ketika tidak ada syarat khusus menggunakan asuransi dalam perjalanan domestik, berbeda ketika bepergian ke beberapa negara lain yang memang diwajibkan menggunakan asuransi. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper