Akuisisi Bank Royal Rampung Kuartal III/2019

Rencana Bank BCA mengakuisisi Bank Royal Indonesia direncanakan akan rampung pada kuartal III/2019. Nilai transaksi yang dilakukan maksimal sebesar Rp1,007 triliun. .
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 26 April 2019  |  18:25 WIB
Akuisisi Bank Royal Rampung Kuartal III/2019
BCA - Reuters/Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA — Rencana PT Bank Central Asia Tbk. mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia direncanakan akan rampung pada kuartal III/2019. Nilai transaksi maksimal sebesar Rp1,007 triliun. 

Berdasarkan ringkasan rancangan akuisisi yang diterbitkan BCA pada Kamis, (26/4/2019), pengajuan permohonan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas izin akuisisi dan uji kemampuan dan kepatutan BCA sebagai calon pemegang saham pengendali Bank Royal akan dilakukan pada kuartal II/2019, tepatnya 24 Juni 2019. 

Selanjutnya, penandatanganan Akta Akuisisi Bank Royal segera dilakukan setelah diperoleh persetujuan OJK yang diperkirakan berlangsung 30 hari kerja, setelah seluruh dokumen permohonan diterima secara lengkap oleh OJK. 

Seperti diketahui, BCA dan anak usahanya ang bergerak di industri multifinance yakni PT BCA Finance telah membeli seluruh saham PT Bank Royal Indonesia dari PT Royalindo Investa Wijaya, pada tanggal 16 April 2019. 

BCA akan membeli 2,87 juta saham atau mewakili seluruh modal yang telah ditempatkan atau disetor oleh pemilik Bank Royal sebelumnya dengan nilai maksimum dalam transaksi ini sebesar Rp1,007 triliun. 

Hingga saat ini, Bank BCA memiliki entitas anak yang bergerak di bidang pembiayaan mobil, pembiayaan sepeda motor, asuransi umum, asuransi jiwa, perbankan syariah, sekuritas, remitansi, dan modal ventura. 

Setelah diakuisisi oleh BCA, Bank Royal akan menjadi entitas anak BCA yang baru di samping delapan entitas anak yang ada. BCA dan Bank Royal akan mengembangkan sinergi bisnis untuk fokus di layanan bisnis atau segmen tertentu. 

Melalui entitas yang terpisah, BCA dapat menawarkan diferensiasi secara jelas atas produk dan layanan perbankan dengan risk appetite tertentu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bca, Bank Royal Indonesia

Editor : Farodilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top