Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Faskes Tingkat Pertama Diminta Prioritaskan Peserta Terindikasi Corona

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menetapkan virus corona atau COVID-19 sebagai wabah atau kejadian luar biasa (KLB)
Calon peserta BPJS Kesehatan antre menunggu penyelesaian adminitrasi di kantor BPJS Lhokseumawe, Aceh, Senin (15/5)./Antara-Rahmad
Calon peserta BPJS Kesehatan antre menunggu penyelesaian adminitrasi di kantor BPJS Lhokseumawe, Aceh, Senin (15/5)./Antara-Rahmad

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan mengimbau Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama atau FKTP untuk memberikan perhatian khusus bagi peserta yang terindikasi diagnosis penyakit akibat virus corona.

Menurut Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma’ruf, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menetapkan virus COVID-19 sebagai wabah atau kejadian luar biasa (KLB). Oleh karena itu, BPJS Kesehatan menghimbau FKTP untuk lebih proaktif memantau kondisi kesehatan para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Iqbal menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan fasilitas-fasilitas kesehatan terkait penanganan peserta jika terindikasi diagnosis penyakit akibat virus tersebut. Peserta pun dihimbau untuk tidak ragu menghubungi FKTP apabila memerlukan pelayanan kesehatan.

“Kami menghimbau khususnya FKTP untuk lebih memberikan perhatian khusus terhadap peserta JKN yang menunjukan gejala-gejala yang terindikasi diagnosis penyakit akibat virus COVID-19. FKTP juga diharapkan lebih proaktif untuk memantau kondisi kesehatan peserta JKN-KIS, mengingatkan serta memberikan edukasi terkait penerapan pola hidup bersih dan sehat,” ujar Iqbal pada Selasa (3/3/2020) melalui keterangan resmi.

BPJS Kesehatan pun menghimbau masyakarat untuk terus menerapkan pola hidup bersih sehat sebagai bentuk kewaspadaan terhadap menularnya penyakit tersebut. Beberapa hal yang dapat dilakukan di antaranya makan makanan sehat, minum air putih dengan cukup, mencuci tangan sebelum makan, serta olah raga dan istirahat cukup agar daya tahan tubuh kuat untuk menangkal ancaman virus dan penyakit.

“Selain itu, gunakan masker apabila memang sakit agar tidak menularkan ke orang lain,” ujar Iqbal.

Adapun, pembiayaan pelayanan kesehatan akibat virus Corona akan ditanggung oleh pemerintah melalui anggaran Kementerian Kesehatan, bukan melalui BPJS Kesehatan. Hal tersebut ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/ MENKES/104/2020 tentang Penetapan Infeksi Corona Virus sebagai Penyakit Dapat Menimbulkan Wabah dan Penanggulangannya.

“Segala bentuk pembiayaan dalam rangka upaya penanggulangan sebagaimana dimaksud diktum kedua dibebankan pada anggaran Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, dan/atau sumber dana lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tertulis dalam diktum kedua Kepmenkes tersebut, yang ditetapkan pada 4 Februari 2020.

Menurut Iqbal, penjaminan pelayanan kesehatan dalam program JKN mengacu kepada Peraturan Presiden Nomor 82/2018 tentang Jaminan Kesehatan. Dalam Pasal 52  Ayat (1) Poin (o) terkait Manfaat Yang Tidak Dijamin, tertulis bahwa salah satunya adalah pelayanan kesehatan akibat bencana pada masa tanggap darurat, kejadian luar biasa atau wabah.

"Tentu di luar penyakit/pelayanan kesehatan akibat Virus COVID-19 dan kasus suspek Virus COVID-19, tetap dijamin BPJS Kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Iqbal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper