Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Likuiditas Sulit karena Corona, Bank Bisa Gadaikan Kredit yang Direstrukturisasi

Dampak pandemi corona yang perlu menjadi perhatian adalah kondisi likuiditas perbankan.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 30 April 2020  |  21:28 WIB
Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso memberikan kata sambutan pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2019 dan Arahan Presiden RI di Jakarta, Jumat (11/1/2019). Bisnis - Nurul Hidayat
Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso memberikan kata sambutan pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2019 dan Arahan Presiden RI di Jakarta, Jumat (11/1/2019). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan industri perbankan akan mendapat stimulus dalam bentuk jaminan kredit modal kerja dalam rangka memitigasi risiko yang ditimbulkan pandemi Covid-19.

Wimboh menuturkan, dampak pandemi corona yang perlu menjadi perhatian adalah kondisi likuiditas perbankan. Dunia usaha yang diperkirakan akan terganggu kinerjanya berdampak pada kemampuan bayar, yang akhirnya akan menekan likuiditas perbankan.

Untuk meredakan tekanan likuiditas tersebut, kata Wimboh, perbankan yang mengalami kesulitan likuiditas bisa menggadaikan kredit yang direstrukturisasi.

Mekanismenya, pinjaman yang diberikan oleh Kementerian Keuangan akan ditempatkan sebagai deposito di bank BUMN atau bank Himbara. Bank bisa menggadaikan kredit tersebut dengan dana yang ditempatkan di Himbara.

"Menkeu akan berikan jaminan kredit ke nasabah, ini sentimen positif supaya pelaku usaha bisa bangkit lagi," katanya saat RDP dengan Komisi XI DPR RI, Jumat (30/4/2020).

Wimboh mengatakan kebijakan tersebut juga dapat memitigasi risiko kemampuan modal perbankan.

"Namun, tidak bisa terlalu lama, mudah-mudahan kalau [pandemi] segera selesai, tidak ada kendala likuiditas, kredit bermasalah, dan modal [di perbankan]," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

OJK likuiditas
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top