Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kartika Wirtjoatmodjo Kembali Terpilih jadi Ketua Umum Perbanas

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Umum Anggota Perbanas 2020 yang diselenggarakan pada Kamis (25/6/2020) di Jakarta secara virtual.
Komisaris Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kartika Wirjoatmodjo/bri.co.id
Komisaris Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kartika Wirjoatmodjo/bri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kartiko Wirjoatmodjo kembali terpilih sebagai Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) periode 2020-2024.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Umum Anggota Perbanas 2020 yang diselenggarakan pada Kamis (25/6/2020) di Jakarta. Dengan memperhatikan protokol kesehatan, maka rapat dilakukan melalui media daring atau virtual meeting.

Pengangkatan Kartika kali ini merupakan periode kedua jabatannya memimpin Perbanas, yakni 2016-2020 dan 2020-2024. Kartika, atau yang akrab disapa Tiko, saat ini merupakan Komisaris Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dan Wakil Menteri BUMN.

“Sebagai lembaga yang menjadi wadah perbankan di Indonesia, Perbanas akan selalu berperan aktif dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional khususnya program percepatan ekonomi saat ini. Membangun sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak serta menjadi mitra dalam memberikan sumbangsih pemikiran kepada pihak otoritas guna perkembangan industri keuangan di Indonesia," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (25/6/2020).

Selanjutnya Ketua Umum terpilih bersama dengan anggota Tim Formatur akan menyusun susunan Badan Pengurus dan Badan Pengawas untuk periode 2020—2024 selambat-lambat 30 hari setelah Rapat ini.

Rapat Umum Anggota Perbanas dihadiri oleh 63 pemegang mandat atau sebesar 87,5 persen anggota Perbanas yang berjumlah 72 bank, meliputi bank pemerintah, bank swasta nasional, bank joint venture, bank pembangunan daerah dan bank syariah.

Rapat juga dihadiri oleh Ashoya Ratam, selaku Notaris yang akan membuat berita acara rapat, dan Salmon Sihombing selaku akuntan publik yang telah memeriksa Laporan Keuangan Perbanas tahun buku 2019 dan Wulan Tumbelaka, dari Kantor Penasehat Hukum Anwar Tumbelaka & Co selaku Penasehat Hukum Independen sebagai saksi atas pelaksanaan perhitungan suara pada rapat.

Adapun, Rapat Umum Anggota 2020 diselenggarakan untuk memberikan Persetujuan dan Pengesahan Laporan Kegiatan Tahunan dan Laporan Keuangan Perbanas Tahun 2019 serta Pemilihan Ketua Umum Perbanas periode 2020-2024 sehubungan dengan habisnya masa jabatan di periode sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper