Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Akhir Juni 2020, Penyaluran Pinjaman Koinworks Naik 10 Persen

Benedicto Haryono, CEO dan Co-founder Koinworks, menjelaskan kinerja positif tersebut, diperkirakan bakal terus meningkat setelah aktivitas perekonomian kembali normal.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  18:45 WIB
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta, Kamis (20/2 - 2020).
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta, Kamis (20/2 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA - PT Lunaria Annua Teknologi (Koinworks) menyatakan kinerja perseroan hingga Juni 2020 masih mengalami pertumbuhan sebesar 10 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Benedicto Haryono, CEO dan Co-founder Koinworks, menjelaskan kinerja positif tersebut, diperkirakan bakal terus meningkat setelah aktivitas perekonomian kembali normal.

“Kinerja bisnis KoinWorks masih terjaga baik dengan adanya peningkatan penyaluran sekitar 10 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Hingga saat ini, NPL (nonperforming loan) KoinWorks masih di sekitaran angka 1 persen,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (1/7/2020).

Dia menjelaskan setelah sejumlah daerah memasuki fase new normal, permintaan pinjaman yang diterima Koinworks juga mengalami peningkatan dengan angka mencapai 30 persen dibandingkan kondisi pandemi.

Selain itu KoinWorks juga masih mengalami kenaikan jumlah pengguna baru di tengah pandemi ini, meskipun jumlah kenaikannya tidak sebesar bulan-bulan sebelumnya.

Di sisi pendanaan, pihaknya menyatakan masih menerima kepercayaan dari beberapa institusi keuangan global untuk menyalurkan pendanaan kepada para UKM digital di Indonesia.

“Kami juga telah melakukan penyesuaian sistem credit scoring dengan kondisi new normal sehingga dapat menghasilkan kualitas pinjaman yang baik untuk dapat didanai oleh ratusan ribu pendana KoinWorks,” ujarnya.

Meski permintaan bertambah, pihaknya tetap menjaga kualitas penyaluran pinjaman, sehingga posisi NPL tetap berada dalam kondisi aman.

Kemudian, selama pandemi sejak Maret lalu, KoinWorks telah mengikuti arahan yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait penetapan relaksasi pembayaran. Kebijakan kepada peminjam ini diberikan hanya untuk peminjam yang terbukti terdampak dengan adanya pandemi ini.

Adapun saat ini terdapat sekitar 5% dari portofolio peminjam perseroan yang terbukti terdampak pandemi dan mendapatkan relaksasi pembayaran.

Untuk data kinerja Koinworks sampai April 2020, angka tingkat keberhasilan bayar 90 hari sebesar 95,66 persen. Jumlah pinjaman yang sudah disalurkan sejak berdiri mencapai Rp2,13 triliun.

Sementara itu pinjaman tahun ini yang sudah disalurkan senilai Rp307,16 miliar, dengan jumlah pinjaman belum lunas senilai Rp377,37 miliar.

Total jumlah pengguna Koinworks saat ini mencapai 6.525 individu dan 2.386 institusi, di mana 3.120 individu dan 55 institusi dalam status pengguna aktif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance fintech Koinworks
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top