Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Porsi Aset Unit Usaha Syariah Maybank Tembus 20 Persen, Apa Rahasianya?

Maybank Indonesia mengaplkasikan strategi Syariah First untuk mendorong literasi keuangan syariah. Dengan strategi yang telah diluncurkan sejak 2014 lalu, aset unit usaha syariah Maybank telah menyentuh level 20% dari total aset perseroan.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 03 Juli 2020  |  00:44 WIB
Porsi Aset Unit Usaha Syariah Maybank Tembus 20 Persen, Apa Rahasianya?
Karyawan melayani nasabah di salah satu kantor cabang Maybank Indonesia, di Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Maybank Indonesia Tbk. membeberkan cerita kesuksan pengembangan unit usaha syariah yang saat ini berkontribusi sekitar 20 persen dari total aset perseroan.

Maybank Indonesia mengaplkasikan strategi Syariah First untuk mendorong literasi keuangan syariah. Dengan strategi yang telah diluncurkan sejak 2014 lalu, aset unit usaha syariah Maybank telah menyentuh level 20 persen dari total aset perseroan.

Begitu juga dengan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) dan penyaluran pembiayaan unit usaha syariah yang memiliki prosi masing-masing sebesar 22,1 persen dan 22,4 persen dari total kinerja perseroan pada kuartal I/2020.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria mengatakan kesukesan perseroan mengembangkan unit usaha syariah karena berkecimpung di segmen korprasi. Strategi ini cukup berbeda dengan bank umum syariah lainnya yang mengembangkan bisnis dari segmen ritel. Maybank menilai jika pengembangan unit usaha syariah dimulai dari segmen ritel akan memakan waktu lama karena tidak memiliki jaringan seluas bank besar lainnya.

Pembiayaan pertama kali yang disalurkan unit usaha syariah Maybank terjadi pada 2014 silam dengan menyalurkan Rp1,5 triliun untuk Garuda Indonesia. Saat itu, Garuda Indonesia harus melakuakn pembiayaan haji temasuk sewa pesawat. Pembiayan ini pun menjadi transkasi terbesar Maybank di segmen korporasi.

Kemudian, di tahun yang sama, Maybank juga menyalurkan pembiayaan untuk Angkasa Pura yang tengah melakukan pembangunan infrastruktur. Nilai pembiayaan saat itu mencapai Rp2 triliun.

"Jadi 2014, ada dua transaksi total Rp3,5 triliun dan itu dua proyek. Ini pekerjaan rumah kita bersama dan ini kekuarangan kita bahwa selama ini persepsi perbankan syariah masih urus yang kecil-kecil," katanya dalam Maybank Shariah Thought Leaders Forum 2020, Kamis (2/7/2020).

Menurutnya, perbankan syariah selama ini memiliki kesan tidak mencari keuntungan melainkan lebih cenderung melakuakn kegiatan sosial seperti transaksi ritel di masyarakat. Padahal, dalam 10 tahun belakangan, banyak terjadi perubahan dari pembiayaan syariah.

"Kita bisa keluar dari jebakan small banking trend," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan maybank Maybank Indonesia
Editor : Ropesta Sitorus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top