Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Berencana Bentuk Holding Ekonomi dan Bisnis Berbasis Pesantren

Pembentukan holding himpunan ekonomi bisnis pesantren (Hebitren) akan menjadi prioritas unutk dikembangkan oleh BI ke depannya.
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti. Bisnis/Himawan L Nugraha
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) akan membentuk holding himpunan ekonomi dan bisnis berbasis pesantren.

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti mengatakan rencana pembentukan holding tersebut berangkat dari potensi pesantren sebagai keunggulan kompetitif Indonesia dalam pengembangan ekonomi syariah.

Destry menyebut terdapat sekitar 27.722 pesantren tersebar seluruh Indonesia dengan 4 juta orang santri.

“Sehingga ini menyebabkan pesantren menjadi kekuatan strategis untuk menjadi pemain kunci industri halal dalam mendukung perekonomian nasional,” ujarnya dalam video conference, Rabu (21/4/2021).

Pembentukan holding himpunan ekonomi bisnis pesantren (Hebitren), kata Destry, akan menjadi prioritas unutk dikembangkan oleh BI ke depannya. Hebitren yang akan dikembangkan merupakan gabungan unit usaha dalam bentuk koperasi pesantren dari berbagai wilayah yang berdekatan.

Sejalan dengan misi BI terkait dengan korporatisasi pada UMKM, pembentukan holding ini diharapkan tidak saja meningkatkan aktivitas ekonomi pesantren, namun juga memperkuat bargaining power pesantren dalam penentuan harga.

“Hal ini akan meningkatkan kemandirian pesantren dalam menjalankan kegiatan utamanya,” jelas Destry.

Tidak hanya itu, pengembangan Herbitren juga diharapkan dapat berkontribusi untuk pemulihan ekonomi nasional, melalui pengembangan usaha syariah.

Destry menyebut sejumlah sektor usaha dapat dikembangkan melalui holding berbasis ekonomi pesantren tersebut. Seperti, pertanian terintegrasi, industri pengolahan makanan, pakaian, dan energi terbarukan.

Terkait dengan digitalisasi ekonomi dan keuangan, BI bersama stakeholder lainnya juga telah memulai beberaa pilot project untuk mendukung Herbitren. Contohnya, pembangunan greenhouse tanaman hortikultura berbasis Internet of things di pesantren, pengembangan pasar virtual pesantren, dan sistem akuntansi pesantren Indonesia (SANTRI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper