Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Debt Collector Langgar Hukum, OJK Bakal Tindak Tegas Multifinance

OJK tidak mentolerir debt collector yang melanggar hukum dalam proses penarikan kendaraan. Proses tersebut harus dijalankan sesuai tahapan yang ada dalam regulasi, mulai dari pemberian informasi kepada debitur, pemberian surat peringatan, baru kemudian penarikan.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 11 Mei 2021  |  15:41 WIB
Ilustrasi 'debt collector' - Istimewa
Ilustrasi 'debt collector' - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan atau OJK akan memberikan sanksi keras bagi perusahaan pembiayaan yang terbukti melanggar hukum dalam proses penarikan kendaraan bermotor oleh debt collector.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot pada Selasa (11/5/2021) melalui keterangan resmi OJK Update. Otoritas merespon adanya penarikan paksa kendaraan oleh debt collector sehingga meresahkan masyarakat.

Menurut Sekar, OJK tidak mentolerir debt collector yang melanggar hukum dalam proses penarikan kendaraan. Proses tersebut harus dijalankan sesuai tahapan yang ada dalam regulasi, mulai dari pemberian informasi kepada debitur, pemberian surat peringatan, baru kemudian penarikan.

"OJK tidak mentolerir debt collector yang melanggar hukum dan akan memberi sanksi keras kepada perusahaan pembiayaan yang melanggar," ujar Sekar pada Selasa (11/5/2021).

OJK pun menyatakan telah berkoordinasi dengan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) untuk menertibkan anggota-anggotanya dalam menjalankan ketentuan penagihan yang sesuai dengan aturan berlaku.

Sebelumnya, beredar video sebuah kendaraan yang dikepung oleh 11 orang debt collector. Pengepungan itu dilakukan karena kendaraan tersebut dinilai sudah menunggak cicilan sehingga harus ditarik.

Berdasarkan video yang beredar, kendaraan tersebut akan menuju ke rumah sakit karena salah seoran penumpang akan menjalani pengobatan jantung. Lalu terjadi keributan antara debt collector serta pengemudi dan penumpang kendaraan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance pembiayaan OJK debt collector
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top