Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng Fintech Mekar, Bank Sampoerna Rilis Pembiayaan UMKM MekarinAja

Produk MekarinAja dapat memberikan alternatif akses pembiayaan bagi UMKM yang selama ini belum memiliki akses permodalan dari lembaga keuangan.
Pengunjung melintas didekat logo Bank Sampoerna di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Pengunjung melintas didekat logo Bank Sampoerna di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menggandeng perusahaan teknologi finansial, PT Mekar Investama Sampoerna (MEKAR) dengan meluncurkan produk bernama MekarinAja untuk memberikan alternatif pembiayaan bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

CEO MEKAR, Pandu Aditya Kristy mengatakan, produk MekarinAja dapat memberikan alternatif akses pembiayaan bagi UMKM yang selama ini belum memiliki akses permodalan dari lembaga keuangan.

“Bagaimana pun, pembiayaan seringkali menjadi aspek penting bagi UMKM untuk dapat meningkatkan skala usaha yang dimilikinya,” ujar Pandu dalam acara launching Mekarinaja secara virtual, Senin (20/12/2021).

Pandu menuturkan, sebagian besar perusahaan fintech dan P2P (peer-to-peer) lending lebih banyak memberikan pinjaman dengan nominal yang relatif kecil, maka melalui MekarinAja pengusaha UMKM dapat mengajukan pinjaman dengan nilai yang lebih besar dan tingkat suku bunga yang lebih ekonomis.

Menurut Head of Lending Center Bank Sampoerna, Hendra Setiawan, salah satu kendala yang dihadapi UMKM di Indonesia adalah sulitnya mendapat akses permodalan dari bank.

“Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti tidak adanya pencatatan keuangan yang baik, lama usaha yang belum cukup mature, atau sektor usaha yang dihindari oleh sebagian besar Bank. MekarinAja hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Pengajuan pembiayaan di MekarinAja sangat fleksibel,” ujarnya.

Hendra mengklaim, fasilitas yang diberikan MekarinAja berbeda dengan kebanyakan pinjaman berbentuk pinjaman angsuran. Pasalnya, MekarinAja dapat memberikan fasilitas dalam bentuk Plafon Rekening Koran, sehingga peminjam memiliki fleksibilitas dalam pemakaian pinjamannya sesuai kebutuhan.

Selain itu, pengajuan pinjaman MekarinAja dapat dilakukan secara online. Hanya dengan 7 klik, peminjam dapat mengajukan pinjaman MekarinAja melalui www.mekar.id.

“Dalam fasilitas ini, peminjam juga tidak wajib untuk membayar pokok pinjaman setiap bulannya, hanya bunga sesuai pemakaian saja. Dengan keunikan ini, kami yakin produk ini dapat diterima di masyarakat. Pengusaha UMKM memerlukan fleksibilitas dalam pembiayaan dan fleksibilitas, itulah yang kami berikan melalui MekarinAja,” sambungnya.

Sementara itu, Chief of SME, Funding, FI, and Network Bank Sampoerna, Adji Anggono mengatakan, kolaborasi yang dilakukan antara Bank Sampoerna dan MEKAR memiliki misi yang sejalan, yakni memberdayakan masyarakat dengan memberikan kesempatan dan dukungan agar berhasil di sektor UMKM melalui pemanfaatan teknologi digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper