Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Misbakhun Pastikan Nama untuk Calon Gubernur BI Sudah Masuk DPR

Anggota Komisi XI DPR RI fraksi Golkar Mukhamad Misbakhun memastikan bahwa surat terkait pencalonan Gubernur BI dari Presiden Jokowi telah diterima DPR.
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020).  Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Anggota Komisi XI DPR RI dari fraksi Golongan Karya (Golkar) Mukhamad Misbakhun memastikan bahwa surat terkait pencalonan Gubernur BI dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah diterima oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

"Surat sudah diterima oleh Pimpinan DPR RI. Dalam amplop tertutup. Saya sudah mendapatkan info dari Sekjen DPR RI,” katanya kepada wartawan melalui pesan teks, Rabu (22/2/2023).

Sekadar informasi, sejumlah nama santer terlihat di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta menjelang habisnya masa jabatan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo yang akan berakhir pada Mei 2023.

Untuk diketahui, masa jabatan Gubernur BI Perry Warjiyo akan segera berakhir pada Mei 2023. Oleh sebab itu, sejumlah nama telah beredar di publik untuk mengisi kursi jabatan dari nahkoda Bank Sentral tersebut untuk periode jabatan 2023 -2028.

Sejauh ini, terdapat sejumlah nama yang sering terdengar untuk mengisi posisi tersebut mulai dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, kemudian Ketua Lembaga Penjamin Simpanan/LPS Purbaya Yudhi Sadewa, dan petahana Perry Warjiyo.

Adapun, ketiganya merupakan anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), lembaga koordinasi super yang mengelola sistem keuangan Indonesia di mana tidak termasuk nama Mahendra Siregar Ketua Otoritas Jasa Keuangan/OJK yang tak masuk dalam hitungan kali ini.

Meski begitu, di luar tiga nama tersebut juga muncul nama Wakil Menteri BUMN dan Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) Kartika Wirjoatmodjo atau yang akrab disapa Tiko.

Jika benar nama-nama tersebut ada di dalam daftar Jokowi, maka keempat sosok tersebut nantinya akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR. Setelah Presiden RI asal Surakarta ini mengirimkan nama-nama tersebut ke pimpinan DPR.

Sementara itu, menurut pantauan Bisnis sejumlah tokoh terlihat hadir di Istana Kepresidenan dalam beberapa pekan terakhir. Salah satunya, Kartika Wirjoatmodjo yang hadir pada Jumat (17/2/2023) sekitar pukul 14.30 WIB. Adapun, Perry Warjiyo juga terpantau keluar dari Istana Merdeka pada kemarin Senin (20/2/2023) sekitar pukul 15.00 WIB.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim bahwa dirinya telah memegang nama-nama calon Gubernur Bank Indonesia (BI) yang nantinya akan diberikan kepada pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada esok hari, Rabu (22/2/2023).

"Kami [Pemerintah] akan memutuskan [nama calon Gubernur BI] kalau tak hari ini, maka besok. Namun, nama-nama sudah masuk," katanya kepada wartawan usai melakukan pengecekan isasi Sungai Ciliwung di Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Lebih lanjut, orang nomor satu di Indonesia itu memastikan bahwa dalam waktu dekat nama yang telah dikantonginya akan disampaikan ke pihak DPR. Mengingat   jabatan Gubernur BI diusulkan dan diangkat oleh Presiden dengan persetujuan DPR RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper